kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kementerian Perdagangan AS: Kesepakatan dengan China tidak perlu kelar bulan depan


Senin, 21 Oktober 2019 / 20:10 WIB

Kementerian Perdagangan AS: Kesepakatan dengan China tidak perlu kelar bulan depan
ILUSTRASI. Ilustrasi perang dagang Amerika dan China.

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Beda dengan Presiden Donald Trump, Sekretaris Kementerian Perdagangan Amerika Serikat (AS) Wilbur Ross mengatakan, kesepakatan perdagangan tahap awal dengan China tidak perlu rampung bulan depan.

"Itu harus menjadi kesepakatan yang tepat, dan tidak harus pada November," kata Ross kepada Fox Business Network dalam sebuah wawancara televisi seperti dikutip Reuters. "Ini lebih penting bahwa itu adalah kesepakatan yang tepat ketika itu terjadi".

Trump mengumumkan kesepakatan perdagangan fase satu di Gedung Putih pada 11 Oktober lalu bersama Wakil Perdana Menteri China Liu He, setelah negeri uak Sam menggelar pembicaraan dua hari di Washington dengan negeri tembok raksasa.

Baca Juga: Trump berharap kesepakatan dagang AS-China diteken pertengahan November

Langkah ini menangguhkan kenaikan tarif atas produk China yang rencananya berlaku bulan ini. Tapi, beberapa pembahasan poin final tentang pakta tersebut, menurut Trump, bisa memakan waktu hingga lima minggu untuk menjadi kesepakatan.

Trump menyebutkan, dia kemungkinan akan menandatangani kesepakatan perdagangan awal saat bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping di KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC), yang akan berlangsung pertengahan November nanti di Santiago, Chili.


Reporter: SS. Kurniawan
Editor: S.S. Kurniawan

Video Pilihan


Close [X]
×