kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenaikan Harga Saham Bikin Jumlah Orang Kaya dari India Bertambah


Sabtu, 06 April 2024 / 03:45 WIB
Kenaikan Harga Saham Bikin Jumlah Orang Kaya dari India Bertambah
ILUSTRASI. Mukesh Ambani, Chairman and Managing Director of Reliance Industries, arrives to address the company's annual general meeting in Mumbai, India July 5, 2018.


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - Pasar saham di India yang melejit membuat kekayaan orang kaya di India bertambah. Kini jumlah kekayaan gabungan para miliarder di India mendekati US$ 1 triliun, naik 41% dibandingkan tahun lalu. Tak hanya itu, jumlah miliarder di India juga meningkat menjadi 200 orang dari sebelumnya di tahun 2023 sebanyak 169 orang. Mukesh Ambani saat ini menjadi orang terkaya nomor satu di India dan nomor sembilan di dunia, dengan total kekayaan mencapai US$ 116 miliar. 

Jumlah miliarder India bertambah. Berdasarkan data Forbes, miliarder India kini berjumlah 200 orang. Angka ini naik dari 169 orang pada tahun lalu. 

Kekayaan gabungan miliarder di India juga naik 41% jadi sebesar US$ 954 miliar, dari US$ 675 miliar pada tahun lalu. Total kekayaan gabungan juga melampaui total kekayaan pada tahun 2022 sebesar US$ 750 miliar. Kekayaan gabungan ini naik karena melonjaknya harga saham. 

Baca Juga: 7 Cara Cetak Uang untuk Menjadi Miliarder Menurut Robert Kiyosaki

Kekayaan orang terkaya nomor satu di India, Mukesh Ambani, melonjak menjadi US$ 116 miliar dari US$ 83 miliar. Ambani kini menjadi orang Asia pertama yang masuk ke daftar miliarder dengan kekayaan di atas US$ 100 miliar. Ambani juga mempertahankan posisinya sebagai orang terkaya kesembilan di dunia. 

Saat ini, Ambani tengah sibuk dengan kesepakatan terbaru, termasuk merger senilai US$ 8,5 miliar antara Viacom18 Media, unit hiburan Reliance dan Walt Disney Company di India yang diumumkan pada Februari. Namun, beberapa waktu lalu Ambani baru mengeluarkan dana cukup besar untuk pesta pernikahan putra bungsunya. Pernikahan yang dilaksanakan dalam tiga hari berturut-turut itu diperkirakan menghabiskan dana US$ 121 juta. 

Orang terkaya nomor dua di India, yakni taipan infrastruktur dan komoditas Gautam Adani, juga menambahkan kekayaan US$ 36,8 miliar. Kini kekayaan Andani mencapai US$ 84 miliar. 

Baca Juga: 7 Pesan untuk Jadi Miliarder dari Warren Buffett yang Abadi

Saham Grup Adani, seperti Adani Enterprises, Adani Green Energy dan Adani Power, terpuruk tahun lalu karena tuduhan penipuan yang dilakukan oleh perusahaan Hindenburg Research yang berbasis di AS. Namun saham grup Andani kembali menguat setelah perusahaan tersebut mengurangi utang dan membantah tuduhan. 

Semua ini membantu Adani kembali menjadi orang terkaya nomor 20 di dunia dan menduduki peringkat ke-17, dengan kekayaan US$ 84 miliar.

Peningkatan kekayaan juga dialami oleh Savitri Jindal, yang saat ini memiliki kekayaan bersih US$ 33,5 miliar. Jindal menjadi wanita terkaya di India, dengan memimpin perusahaan baja dan listrik, OP Grup. Kini, dia menjadi orang terkaya nomor empat di India, naik dari posisi keenam pada tahun lalu. 

Forbes menulis, lebih dari dua pertiga miliarder India yang sahamnya tercatat di bursa meningkat dibandingkan 2022. Selusin dari mereka juga melipatgandakan kekayaannya sejak tahun 2023 termasuk raja properti Kushal Pal Singh, yang menjadi pengembang DLF. Singh kini memiliki kekayaan US$ 20,9 miliar dan menduduki peringkat orang terkaya ke-92 dunia. 

Hanya dua dari sepuluh orang India teratas yang mengalami penurunan kekayaan. Keduanya adalah miliarder vaksin Cyrus Poonawalla dan Lakshmi Mittal, pemilik Arcelor Mittal.

Baca Juga: Menkominfo Sebut Perusahaan Elon Musk, Starlink Akan Uji Coba di IKN




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×