kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45943,07   2,31   0.25%
  • EMAS1.110.000 -1,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warren Buffett Sebut 12 Hal yang Bikin Orang Miskin Susah Jadi Orang Kaya


Senin, 20 November 2023 / 08:04 WIB
Warren Buffett Sebut 12 Hal yang Bikin Orang Miskin Susah Jadi Orang Kaya
ILUSTRASI. Warren Buffett sempat berbagi beberapa wawasan tentang hal-hal yang cenderung dihamburkan oleh orang-orang miskin. REUTERS/Rick Wilking


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Warren Buffett merupakan salah satu investor paling sukses di dunia. Dia memiliki reputasi atas kebijaksanaan finansialnya yang sederhana namun mendalam.

Melansir New Trader U, Warren Buffett pernah bilang, kemandirian finansial dan pendidikan finansial sangat penting untuk mencapai kesuksesan finansial jangka panjang. 

Warren Buffett sempat berbagi beberapa wawasan tentang hal-hal yang cenderung dihamburkan oleh orang-orang miskin sehingga mereka sulit memperbaiki kualitas hidupnya.

Apa saja? 

Mengutip GoBankingRates dan New Trader U, berikut 12 hal yang kerap dilakukan orang miskin sehingga sulit menjadi orang kaya:

1. Mengabaikan Perkembangan Pribadi

Menurut Buffett, investasi terbaik yang dapat dilakukan adalah berinvestasi pada diri sendiri. Meningkatkan keterampilan dan pendidikan dapat meningkatkan potensi penghasilan secara signifikan. 

Pengetahuan dan kemampuan adalah aset yang tidak dapat diambil oleh siapa pun dari Anda.

Baca Juga: Tak Punya Tabungan di Usia 45 Tahun? Ini Strategi Pensiun ala Warren Buffett

2. Mengandalkan Kartu Kredit

Kartu kredit memang nyaman, tetapi suku bunga yang tinggi dapat dengan cepat menutupi manfaat apa pun jika Anda tidak membayar seluruh saldo setiap bulan. 

Buffett menyarankan agar tidak melakukan pengeluaran yang tidak perlu yang dapat menyebabkan hutang kartu kredit menjadi menggunung.

3. Mengunjungi Bar dan Pub

Pengeluaran untuk kegiatan sosial seperti minum di bar bisa bertambah. Memilih pertemuan sosial yang lebih terjangkau, seperti pertemuan di rumah, dapat membantu menghemat secara signifikan.

4. Mengejar Teknologi Terkini

Gadget baru mungkin menggiurkan, namun seringkali model tahun lalu juga memberikan hasil yang sama. Buffett sendiri memiliki sejarah dalam menggunakan teknologi yang fungsional dibandingkan teknologi yang mencolok. 

Penting untuk menilai apakah teknologi terbaru benar-benar memberikan nilai tambah pada penggunanya.

Baca Juga: Bukan Pelit, Warren Buffett Bikin Wasiat Tak Bagikan Harta ke Anak-anaknya




TERBARU
Kontan Academy
Negotiation For Everyone Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×