kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kepercayaan Konsumen AS Pada Juli Turun Mendekati Level Terendah Sejak Februari 2021


Rabu, 27 Juli 2022 / 05:55 WIB
Kepercayaan Konsumen AS Pada Juli Turun Mendekati Level Terendah Sejak Februari 2021


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Kepercayaan konsumen AS turun ke level terendah hampir 1,5 tahun pada Juli di tengah kekhawatiran tentang inflasi yang lebih tinggi dan kenaikan suku bunga, yang dapat melemahkan pengeluaran. Penurunan kepercayaan konsumen ini menunjukkan perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Mengutip Reuters, Rabu (27/7), survei dari Conference Board pada hari Selasa menunjukkan konsumen secara tajam menilai kembali rencana belanja mereka bulan ini, dengan pangsa dari mereka yang disurvei berniat untuk membeli peralatan utama seperti lemari es dan mesin cuci selama enam bulan ke depan.

Itu, dikombinasikan dengan data lain yang menunjukkan penjualan rumah baru jatuh ke level terendah hanya dalam dua tahun di bulan Juni, menggambarkan gambaran ekonomi yang rentan terhadap resesi.

Baca Juga: Wall Street Turun, Pasar Saham Menunggu Hasil Rapat The Fed Esok

Aktivitas ekonomi mendingin karena Federal Reserve secara agresif memperketat kebijakan moneter untuk menjinakkan inflasi. Bank sentral AS diperkirakan akan menaikkan suku bunga lagi 75 basis poin pada hari Rabu, yang akan membawa total kenaikan suku bunga sejak Maret menjadi 225 basis poin.

"Penurunan kepercayaan konsumen memberi tahu kita bahwa ekonomi berada pada pijakan yang tidak pasti," kata Jeffrey Roach, kepala ekonom di LPL Financial di Charlotte, North Carolina.

Indeks kepercayaan konsumen Conference Board turun 2,7 poin ke pembacaan 95,7 bulan ini, level terendah sejak Februari 2021. Itu adalah penurunan bulanan ketiga berturut-turut. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan indeks akan jatuh ke 97,2.

Indeks situasi survei saat ini, berdasarkan penilaian konsumen terhadap kondisi bisnis dan pasar tenaga kerja saat ini, turun menjadi 141,3 dari 147,2 di bulan Juni. 

Indeks ekspektasinya, berdasarkan prospek jangka pendek konsumen untuk pendapatan, bisnis dan kondisi pasar tenaga kerja, turun ke 65,3. Itu adalah yang terendah sejak Maret 2013 dan dibandingkan dengan 65,8 pada Juni. Pembacaan yang terus-menerus di bawah 80 membuat resesi tetap bermain.

Saham di Wall Street diperdagangkan lebih rendah. Dolar naik terhadap sekeranjang mata uang. Imbal hasil Treasury AS turun.

Belanja Ditinjau Kembali

Ekspektasi inflasi konsumen selama 12 bulan ke depan turun menjadi 7,6% dari 7,9% di bulan Juni.

Inflasi yang tinggi memaksa konsumen untuk mengevaluasi kembali. Pangsa konsumen yang berencana membeli peralatan rumah tangga utama seperti lemari es, mesin cuci, pengering dan televisi selama enam bulan ke depan turun menjadi 39,4% dari 45,4% di bulan Juni. Itu adalah yang terkecil sejak seri saat ini dimulai pada November 2010. 

Lebih sedikit konsumen yang berniat membeli kendaraan bermotor. Itu menunjukkan belanja konsumen hangat pada awal kuartal ketiga setelah perlambatan yang diharapkan pada kuartal April-Juni. Pengeluaran konsumen yang lamban, yang membuat bisnis memiliki persediaan berlebih, diperkirakan akan mengakibatkan ekonomi hampir tidak tumbuh pada kuartal kedua.

Baca Juga: Amazon Menaikkan Harga Prime di Eropa, Demi Tekan Beban Biaya

Walmart Inc pada hari Senin memangkas perkiraan labanya dan mengatakan perlu lebih banyak pemotongan harga untuk mengurangi persediaan.

"Penurunan cepat konsumen yang merencanakan pembelian barang datang sebagai kejutan, dan meningkatkan risiko bahwa keinginan konsumen untuk berbelanja melambat secara lebih luas," kata Andrew Hollenhorst, kepala ekonom AS di Citigroup di New York.

Gambaran produk domestik bruto kuartal ketiga pemerintah pada hari Kamis kemungkinan akan menunjukkan PDB rebound pada tingkat tahunan 0,5%, menurut survei ekonom Reuters. Ekonomi berkontraksi pada kecepatan 1,6% pada kuartal pertama.

Meskipun kemungkinan resesi meningkat, beberapa ekonom percaya ekonomi bisa melewati penurunan. Pasar tenaga kerja terus menghasilkan pekerjaan dengan cepat dan ada 11,3 juta lowongan pekerjaan pada akhir Mei. Tabungan tetap tinggi.

Konsumen bulan ini juga menunjukkan kecenderungan yang lebih kecil untuk membeli rumah karena kenaikan suku bunga hipotek mengikis keterjangkauan, menunjukkan akan ada penurunan lebih lanjut dalam penjualan rumah. Sebuah laporan terpisah dari Departemen Perdagangan menunjukkan penjualan rumah baru turun 8,1% ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 590.000 unit bulan lalu, level terendah sejak April 2020.

Meskipun permintaan melambat, keruntuhan pasar perumahan tidak mungkin terjadi. Kekurangan rumah yang parah membuat harga tetap tinggi. Namun, laju kenaikan harga melambat.




TERBARU

[X]
×