kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketegangan militer meningkat, China diprediksi memperbesar anggaran militer tahun ini


Jumat, 26 Februari 2021 / 17:03 WIB
Ketegangan militer meningkat, China diprediksi memperbesar anggaran militer tahun ini
ILUSTRASI. China diperkirakan akan mengungkapkan kenaikan pengeluaran anggaran pertahanan pada pembukaan parlemen tahunan 5 Maret.


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - BEIJING. China diperkirakan akan mengungkapkan kenaikan pengeluaran anggaran pertahanan pada pembukaan parlemen tahunan 5 Maret mendatang. Kenaikan anggaran pertahanan karena ekonomi China sudah pulih dari pandemi Covid-19 dan ditambah lagi ketegangan militer yang meningkat.

Dengan virus corona yang menghantam ekonominya, China tahun lalu mengumumkan peningkatan 6,6% dalam pengeluaran pertahanan menjadi US$ 178 miliar, tingkat kenaikan terendah dalam tiga dekade.

Pemerintahan baru Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bergerak cepat untuk mengingatkan Chna bahwa Amerika Serikat siap menandingi pengaruh dan kekuatan militer China yang berkembang di Asia-Pasifik.

Dalam beberapa pekan terakhir, armada kapal perang AS telah berlayar di dekat Taiwan yang diklaim China dan melalui wilayah yang disengketakan di Laut China Selatan. Aksi AS ini memicu kemarahan China.

Baca Juga: Perkuat militer, Arab Saudi gelontorkan dana US$ 20 miliar untuk belanja militer

“China menghadapi situasi keamanan paling parah sejak Perang Korea,” kata Ni Lexiong, pensiunan profesor di Universitas Ilmu Politik dan Hukum Shanghai seperti dikutip Reuters.

Dia memperkirakan kenaikan substansial dalam anggaran militer China, mengutip penjualan senjata AS ke Taiwan, penempatan reguler kapal induk AS di lepas pantai China, dan kehadiran kapal perang dan kapal selam nuklir Prancis baru-baru ini di Laut China Selatan.

“Melihat opini publik, menjadi lebih mendesak untuk mengambil kembali Taiwan secara militer. Makanya anggaran pasti naik tajam,” ujarnya.

Lebih besar dari yang dilaporkan

Ross Babbage, seorang analis di Pusat Penilaian Strategis dan Anggaran yang berbasis di Washington dan mantan pejabat pertahanan Australia, memperkirakan kenaikan bujet pertahanan China sekitar 7%.

"Itu kurang dari yang diperkirakan sebagian orang dan alasannya adalah ekonomi China masih belum dalam kondisi yang baik," ujarnya.

Ekonomi China tumbuh hanya 2,3% pada tahun 2020, meskipun itu adalah satu-satunya ekonomi negara utama dunia yang tidak mengalami kontraksi, dan diperkirakan akan tumbuh 8,4% persen tahun ini, menurut jajak pendapat Reuters.

Kementerian Pertahanan China tidak menanggapi permintaan komentar soal anggaran pertahanan ini.

Baca Juga: Amerika Utara terbesar, belanja militer global tahun lalu mencapai US$ 1,93 triliun




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×