kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kim Jong Un Targetkan Korea Utara Miliki Kekuatan Nuklir Terkuat di Dunia


Senin, 28 November 2022 / 08:40 WIB
Kim Jong Un Targetkan Korea Utara Miliki Kekuatan Nuklir Terkuat di Dunia
ILUSTRASI. Kim Jong Un mengatakan negaranya menargetkan untuk memiliki kekuatan nuklir paling kuat di dunia. KCNA via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan negaranya menargetkan untuk memiliki kekuatan nuklir paling kuat di dunia. Media pemerintah KCNA melaporkan pada Minggu (27/11/2022), hal tersebut dia ungkapkan saat Kim mempromosikan puluhan perwira militer yang terlibat dalam peluncuran rudal balistik baru-baru ini.

Melansir Reuters, pengumuman itu muncul setelah Kim memeriksa uji coba Hwasong-17 pada 18 November, rudal balistik antarbenua (ICBM) terbesar Korea Utara dan berjanji untuk melawan apa yang disebutnya sebagai ancaman nuklir AS.

"Tujuan akhir Korea Utara adalah untuk memiliki kekuatan strategis paling kuat di dunia, kekuatan absolut yang belum pernah terjadi sebelumnya di abad ini," kata Kim.

Dia menambahkan bahwa membangun kemampuan nuklir negara itu akan melindungi martabat dan kedaulatan negara sekaligus rakyat Korea Utara.

Dia menggambarkan Hwasong-17 sebagai "senjata strategis terkuat di dunia" dan mengatakan senjata itu menunjukkan tekad dan kemampuan Korea Utara untuk akhirnya membangun tentara terkuat di dunia.

Kim juga bilang, ilmuwan Korea Utara telah membuat lompatan maju yang luar biasa dalam pengembangan teknologi pemasangan hulu ledak nuklir pada rudal balistik dan diharapkan, untuk memperluas dan memperkuat kemampuan penangkal nuklir negara itu dengan kecepatan luar biasa.

Baca Juga: Rumor Putri Kim Jong Un sebagai Pemimpin Korut Selanjutnya Kian Santer, Ini Sebabnya

Kim digambarkan dalam foto berpose dengan para ilmuwan, insinyur, dan pejabat militer yang terlibat dalam tes tersebut.

Menurut media pemerintah, para pekerja itu berjanji untuk membela "otoritas absolut" partai dan Kim, dan bersumpah bahwa rudal buatan mereka akan terbang tinggi ke arah yang ditunjukkan oleh Kim.

Diklaim mampu mencapai daratan AS, peluncuran Hwasong-17 mendorong Amerika Serikat untuk menyerukan pernyataan presiden Dewan Keamanan PBB untuk meminta pertanggungjawaban Korea Utara atas uji coba misilnya, yang dilarang oleh resolusi Dewan Keamanan.

Media pemerintah juga memperlihatkan putri Kim Jong Un menemaninya saat dia memeriksa para petugas. Penampilan pertamanya yang tak terduga pada tes Hwasong-17 telah meningkatkan prospek bahwa kepemimpinan negara totaliter dapat diteruskan ke generasi keempat Kim.

Baca Juga: Xi Jinping ke Kim Jong Un: China Siap Kerja Sama dengan Korut untuk Perdamaian Dunia

Komite Tetap Majelis Rakyat Tertinggi Korea Utara menganugerahkan rudal Hwasong-17 gelar "Pahlawan DPRK dan Medali Bintang Emas dan Urutan Kelas 1 Bendera Nasional", kantor berita negara KCNA melaporkan dalam pernyataan lain.

"(Rudal) dengan jelas membuktikan kepada dunia bahwa DPRK adalah kekuatan nuklir penuh yang mampu melawan supremasi nuklir imperialis AS dan sepenuhnya menunjukkan kekuatannya sebagai negara ICBM paling kuat," kata KCNA.




TERBARU

[X]
×