kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kirim surat ke Kim Jong Un, Xi Jinping pastikan China-Korea Utara tetap bersahabat


Kamis, 29 Oktober 2020 / 13:06 WIB
Kirim surat ke Kim Jong Un, Xi Jinping pastikan China-Korea Utara tetap bersahabat
ILUSTRASI. Dalam suratnya, Xi Jinping menyampaikan bahwa hubungan baik antara China dan Korea Utara akan memasuki babak baru melalui komunikasi yang lebih baik.


Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Presiden China Xi Jinping baru saja menyatakan komitmen barunya untuk tetap menjalin hubungan baik dengan Korea Utara. 

Xi menyampaikan pesan tersebut melalui surat pribadi yang dia kirim langsung kepada Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Yonhap melaporkan, surat tersebut merupakan surat balasan atas ucapan ulang tahun yang Kim berikan kepada China awal bulan ini.

Secara tersirat, pertukaran pesan ini cukup menunjukkan betapa baik hubungan bilateral kedua negara Asia Timur ini. Hubungan baik seolah semakin gencar China tunjukkan di tengah persaingan dengan Amerika Serikat (AS) di kawasan Asia Pasifik.

Ini adalah kali keempat kedua pemimpin negara bertukar surat dalam satu bulan terakhir. Pekan lalu, Kim mengunjungi pemakaman tentara China yang gugur semasa Perang Korea (1950-1953), untuk memperingati 70 tahun partisipasi Tiongkok dalam perang tersebut.

Dalam suratnya, Xi Jinping menyampaikan, hubungan baik antara China dan Korea Utara akan memasuki babak baru melalui komunikasi yang lebih baik.

"Saya dan Kamerad Pemimpin (Kim Jong Un) telah melakukan hubungan antara kedua pihak dan kedua negara memasuki periode sejarah baru melalui komunikasi yang lebih erat dan mendalam dalam beberapa tahun terakhir," ungkap Xi dalam suratnya seperti dikutip Yonhap dari KCNA.

Baca Juga: Senjata makan tuan, puluhan tentara KIm Jong Un pun terluka

Hadapi perubahan besar

Lebih lanjut, Xi menjelaskan, saat ini dunia sedang menghadapi sebuah perubahan besar yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam 100 tahun.

Atas nama China, Xi juga bersedia mengembangkan hubungan yang panjang dan bersahabat dengan Korea Utara dari generasi ke generasi. Tidak lupa, Xi turut mengupayakan kesejahteraan bagi penduduk kedua negara serta mendorong stabilitas perdamaian dan keamanan kawasan.

Menyinggung peringatan 75 tahun berdirinya Partai Buruh Korea Utara beberapa waktu lalu, Presiden China memuji keberhasilan Korea Utara atas pembangunan sosialis yang telah dilakukan.

Terkait hubungan pertahanan dan keamanan, Xi menyatakan keyakinannya bahwa Korea Utara akan melaksanakan garis strategi baru dan mencapai sukses besar dalam pembangunan negaranya.

Selanjutnya: Berkunjung ke Sri Lanka, Pompeo: China telah lakukan pelanggaran hukum ke Sri Lanka




TERBARU

[X]
×