kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Klub Liga Italia bikin perusahaan baru menangani hak siar


Kamis, 10 September 2020 / 20:11 WIB
Klub Liga Italia bikin perusahaan baru menangani hak siar
ILUSTRASI. Pemain AC Milan Zlatan Ibrahimovic beraksi saat melawan Atalanta, ketika pertandingan Serie A kembali berlanjut tanpa penonton di stadion akibat wabah penyakit virus corona (COVID-19) di San Siro, Milan, Italia, Jumat (24/7/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Dani


Sumber: Reuters | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - MILAN. Pandemi corona mengancam penghasilan klub-klub liga sepakbola top dunia. Salah satunya kerugian yang ada di depan mata adalah penghasilan dari tiket masuk penonton di stadion akan hilang akibat larangan para fans masuk ke dalam stadion.  

Harapan terbesar para klub di dunia ini adalah melalui hak siar televisi yang akan tersebar di berbagai belahan dunia. Salah satu cara untuk menggenjot penghasilan dari hak siar dilakukan oleh para pemilik klub di Liga Italia (Serie A).

Mengutip Reuters, klub Serie A Italia sudah sepakat mendirikan perusahaan media baru untuk menangani hak siar penayangan siaran sepakbola salah satu liga terbesar di dunia ini.  

Serie A berharap perusahaan baru itu akan meningkatkan tata kelola dan meningkatkan pendapatan, terutama di luar negeri, di mana dalam beberapa tahun terakhir sepak bola Italia telah berjuang untuk menyamai kekuatan liga saingan Eropa.

Mereka juga memberikan tawaran untuk saham minoritas terhadap dua tawaran terpisah yang dipimpin oleh CVC Capital Partners dan Bain Capital (BCSF.N) untuk 10% saham di bisnis media Serie A, kata pejabat klub Serie A.
“Kami telah memutuskan untuk membuat perusahaan media yang memiliki firma ekuitas swasta sebagai mitra,” ujar Presiden Serie A Paolo Dal Pino, Rabu (9/9). mengatakan pada konferensi pers, menambahkan bahwa akan ada pertemuan segera untuk membahas masalah termasuk rencana bisnis.

Meski karena pandemi korona, klub-klub dunia memang berat mendapatkan keuntungan maskimal dari menjual hak siar. Karena  perusahaan media juga akan semakin berat mengambil hak siar melihat menyusutnya pendapatan iklan. Misalnya Bundesliga Liga Jerman kehilangan pendapatan siaran € 150 juta untuk musim 2020-2021 karena EuroSport membatalkan kontrak € 70 juta. Kemungkinan hal ini juga akan dirasakan oleh liga sepakbola di dunia.
Liga Italia sendiri pada musim 2019-2020 lalu mendapatkan pendapatan sekitar € 1,35 miliar. Angka ini masih jauh dibandingkan pesaingnya Premiership Liga Inggris atau La Liga Spanyol.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×