kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kondisi Shinzo Abe Pasca Ditembak Saat Berkampanye Pemilihan Parlemen Jepang


Jumat, 08 Juli 2022 / 14:17 WIB
Kondisi Shinzo Abe Pasca Ditembak Saat Berkampanye Pemilihan Parlemen Jepang
ILUSTRASI. Kondisi Shinzo Abe Pasca Ditembak Saat Berkampanye Pemilihan Parlemen Jepang


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  NARA. Shinzo Abe, perdana menteri terlama di Jepang, ditembak pada hari Jumat saat berkampanye untuk pemilihan parlemen, dengan penyiar publik NHK mengatakan seorang pria bersenjatakan senjata rakitan melepaskan tembakan ke arahnya dari belakang. 

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan Abe, 67 tahun, dalam kondisi kritis. Dia mengutuk penembakan di kota barat Nara selama kampanye pemilihan majelis tinggi hari Minggu sebagai serangan yang tidak dapat diterima atas dasar demokrasi Jepang.

Sebelumnya, seorang pejabat rumah sakit mengatakan Abe tampak dalam keadaan serangan jantung ketika diterbangkan ke rumah sakit, setelah awalnya sadar dan responsif.

Polisi mengatakan seorang pria berusia 41 tahun yang dicurigai melakukan penembakan telah ditangkap. NHK mengutip tersangka, Tetsuya Yamagami, yang mengatakan kepada polisi bahwa dia tidak puas dengan Abe dan ingin membunuhnya.

Baca Juga: Pengakuan Penembak Shinzo Abe: Kecewa dengan Kinerja Abe

"Tindakan kebiadaban seperti itu tidak dapat ditoleransi," kata Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno kepada wartawan, seraya menambahkan bahwa Abe telah ditembak sekitar pukul 11:30 waktu setempat.

NHK menunjukkan video Abe berpidato di luar stasiun kereta api ketika dua tembakan terdengar, setelah itu pandangan dikaburkan sebentar dan kemudian petugas keamanan terlihat menangkap seorang pria dengan T-shirt abu-abu dan celana panjang krem. Kepulan asap di belakang Abe terlihat dalam video lain yang ditayangkan di NHK.

Kyodo menerbitkan sebuah foto yang menunjukkan Abe berbaring telungkup di jalan dengan pagar pembatas, darah di kemeja putihnya. Orang-orang berkerumun di sekelilingnya, salah satunya melakukan pijat jantung.

TBS Television melaporkan bahwa Abe telah ditembak di sisi kiri dadanya dan tampaknya juga di leher.

Kekerasan politik jarang terjadi di Jepang, negara dengan peraturan senjata yang ketat.

Baca Juga: Shinzo Abe Ditembak, Begini Reaksi Dunia




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×