kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konflik dengan China kian tajam, India beli pesawat tempur dan senjata dari Rusia


Selasa, 23 Juni 2020 / 15:56 WIB
Konflik dengan China kian tajam, India beli pesawat tempur dan senjata dari Rusia
ILUSTRASI. Su-30SM, Su-34 and Su-35S combat aircraft fly in formation above a monument during an air parade on Victory Day, which marks the anniversary of the victory over Nazi Germany in World War Two, amid the outbreak of the coronavirus disease (COVID-19) in cent


Sumber: Bloomberg | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. India mendorong Rusia untuk mempercepat penjualan sistem pertahanan rudal dan jet tempur di tengah hubungan yang memburuk dengan China.

Dilansir Bloomberg, permintaan itu datang ketika para menteri luar negeri China dan India akan bertemu pada hari Selasa dalam interaksi tatap muka pertama mereka sejak bentrokan mematikan pekan lalu di sepanjang perbatasan Himalaya.

Baca Juga: Donald Trump batasi akses pekerja asing masuk Amerika Serikat, ini alasannya

Dalam insiden tersebut, sebanyak 20 tentara India tewas. Sementara jumlah korban dari pihak China masih dirahasiakan.

Bentrokan sendiri terjadi di tengah hiruk-pikuk nasionalisme yang dipicu oleh kedua pemerintah yang berebut pengaruh regional.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov akan menjadi tuan rumah pertemuan trilateral virtual dengan pejabat dari China dan India setelah Moskow muncul sebagai pemain kunci dalam mencairkan hubungan antara kedua tetangga ini.

Perdana Menteri India Narendra Modi ingin resolusi awal sengketa perbatasan karena ia mengambil risiko penurunan popularitas jika tentaranya menderita lebih banyak korban jika ada bentrokan lebih lanjut di sepanjang perbatasan yang disengketakan.

Baca Juga: Jepang dan China saling klaim Kepulauan Senkaku, Laut China Timur memanas

Menteri Pertahanan India Rajnath Singh akan bertemu dengan timpalannya dari Rusia di Moskow, di mana mereka diperkirakan akan membahas ketegangan perbatasan India-China dan keinginan New Delhi untuk memastikan pasokan suku cadang militer yang tanpa hambatan dan awal.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×