kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kongres 5 Tahunan China Awal Oktober Dilihat Sebagai Penobatan Xi untuk Periode ke-3


Rabu, 31 Agustus 2022 / 16:10 WIB
Kongres 5 Tahunan China Awal Oktober Dilihat Sebagai Penobatan Xi untuk Periode ke-3
Presiden China Xi Jinping . Kongres 5 Tahunan China Awal Oktober Dilihat Sebagai Penobatan Xi untuk Periode ke-3


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BEIJING. Partai Komunis China yang berkuasa akan mengadakan kongres lima tahunan yang dimulai pada 16 Oktober 2022, dengan Xi Jinping siap untuk mengamankan masa jabatan kepemimpinan ketiga yang bersejarah dan memperkuat posisinya sebagai pemimpin paling kuat di negara itu sejak Mao Zedong.

Politbiro mengumumkan pada hari Selasa tanggal mulai kongres, yang biasanya berlangsung sekitar seminggu dan sebagian besar berlangsung secara tertutup di Aula Besar Rakyat di sisi barat Lapangan Tiananmen di pusat Beijing.

Xi, 69 tahun, terus mengkonsolidasikan kekuasaan sejak menjadi sekretaris jenderal partai satu dekade lalu, menghilangkan faksi oposisi terhadap pemerintahannya. Xi diperkirakan akan melakukan kontrol yang sebagian besar tak tertandingi atas penunjukan kunci dan arahan kebijakan di Kongres yang oleh banyak pengamat China disamakan dengan penobatan.

Terlepas dari tantangan yang menghadang jalannya menuju masa jabatan ketiga, dari ekonomi yang hampir mati, pandemi COVID-19 dan protes publik yang jarang terjadi hingga meningkatnya friksi dengan Barat dan ketegangan atas Taiwan, Xi siap mengamankan mandat dalam mengejar visi besarnya untuk "peremajaan bangsa China" untuk tahun-tahun mendatang.

Baca Juga: Xi Jinping dan Putin akan Hadiri KTT G20 di Bali Pada November 2022

Sejak mengambil alih kekuasaan, Xi, putra seorang revolusioner komunis, telah memperkuat partai dan perannya di seluruh masyarakat dan menghilangkan ruang untuk perbedaan pendapat.

Di bawah Xi, China juga menjadi jauh lebih tegas di panggung global sebagai pemimpin negara berkembang dan alternatif dari tatanan pasca-Perang Dunia II yang dipimpin AS.

"Dia akan membawa China ke pendekatan kebijakan yang lebih Sino-sentris, khususnya kebijakan luar negeri," kata Steve Tsang, direktur SOAS China Institute Universitas London. 

"Dia juga akan memperkuat pentingnya partai memimpin segalanya di China, dan partai mengikuti pemimpinnya sepenuhnya," kata Tsang.

Baca Juga: China Beri Sinyal Pertumbuhan Ekonominya Bakal Meleset dari Target

Kemungkinan pengaruh Xi ke masa jabatan lima tahun ketiga, dan mungkin lebih, ditetapkan pada 2018 ketika ia menghilangkan batas dua masa jabatan untuk kepresidenan, posisi yang akan diperbarui pada pertemuan parlemen tahunan pada bulan Maret.

Pada hari Rabu, situs web resmi Partai People's Daily memposting infografis yang menyoroti visi Xi, termasuk salah satu pernyataan khasnya: "Partai, pemerintah, militer, rakyat, pendidikan; timur, selatan, barat, utara, tengah: partai memimpin segalanya."




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×