kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kongres AS capai kesepakatan tentatif soal anggaran keamanan perbatasan


Selasa, 12 Februari 2019 / 11:15 WIB
Kongres AS capai kesepakatan tentatif soal anggaran keamanan perbatasan

Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Negosiator kongres Amerika Serikat (AS) menyatakan telah mencapai kesepakatan tentatif tentang anggaran keamanan perbatasan pada Senin (11/2) guna mencegah berulangnya penutupan pemerintah sementara (shutdown) di AS.

"Pada prinsipnya kami mencapai kesepakatan tentang anggaran program keamanan perbatasan hingga 30 September," jelas Senator Republik Richard Shelby seperti dikutip Reuters.


"Staf kami akan segera menyatukan semua rinciannya," imbuh Shelby.

Namun, seorang sumber di Kongres mengatakan, garis besar kesepakatan termasuk US$ 1,37 miliar untuk mendirikan pagar perbatasan di sepanjang perbatasan selatan AS. Jumlah ini adalah jumlah yang sama yang dialokasikan kongres selama beberapa tahun terakhir dan lebih rendah di bawah usulan Trump.

Pada Desember lalu, Trump mengajukan proposal anggaran pembangunan dinding perbatasan dengan Meksiko sebesar US$ 5,7 miliar yang memicu penutupan sementara pemerintahan AS selama 35 hari.

Trump setuju untuk membuka kembali pemerintahan selama tiga pekan guna memberi waktu bagi para negosiator kongres untuk berkompromi terkait anggaran ini di sisa tahun fiskal yang akan berakhir 30 September.

Perwakilan Partai Demokrat Nita Lowey pada senin malam berharap pada Rabu akan ada kesepakatan bulat terkait keputusan anggaran keamanan perbatasan.




TERBARU

Close [X]
×