kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konsumsi rumah tangga Jepang anjlok ke level terendah sejak 2001


Selasa, 07 Juli 2020 / 15:33 WIB
Konsumsi rumah tangga Jepang anjlok ke level terendah sejak 2001
ILUSTRASI. Warga melewati kawasan belanja di Shinjuku Jepang. Konsumsi rumah tangga Jepang anjlok ke level terrendah sejak 2001. REUTERS/Toru Hanai


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Konsumsi rumah tangga Jepang turun dengan laju tercepat pada bulan Mei karena himbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah guna menahan penyebaran Covid-19. Penurunan konsumsi tersebut mendorong perlambatan ekonomi Negeri Sakura itu semakin dalam.

Merosotnya konsumsi rumah tangga itu akan menambah tekanan bagi pembuat kebijakan di Jepang untuk meningkatkan langkah-langkah untuk memulihkan kepercayaan di kalangan pelaku usaha dan khususnya konsumen.

Baca Juga: AS pertimbangkan melarang aplikasi media sosial China, termasuk Tik Tok

Berdasarkan yang dirilis pemerintah seperti dikutip Reuters, Selasa (7/7), konsumsi rumah tangga Jepang pada bulan Mei turun sebesar 16,2% dibandingkan tahun sebelumnya. Ini merupakan penurunan terbesar sejak tahun 2001.

Penurunan itu lebih besar dibandingkan perkiraan pasar rata-rata analis sebelumnya yakni 12,2%, memperpanjang laju penurunan yang terjadi pada bulan sebelumnya yang tercatat turun sebesar 11,1%.

Pemulihan belanja diperkirakan akan berjalan lambat dan rapuh karena karena rumah tangga masih enggan untuk mendorong belanja bahkan setelah keadaan darurat nasional dicabut pada Mei. "Laju pemulihan mengkhawatirkan. Walaupun pemerintah sudah luncurkan paket kebijakan, akan sulit keluar dari perlambatan ini dengan cepat," kata kepala ekonom di Itochu Economic Research Institute Atsushi Takeda

Namun, Bank of Japan (BOJ) diperkirakan akan mempertahankan pandangannya dalam laporan triwulanan minggu depan bahwa ekonomi akan berangsur pulih akhir tahun ini.

Baca Juga: TikTok angkat kaki dari Hong Kong, ada apa?

Pemotongan konsumsi terbesar terjadi pada pengeluaran untuk hotel, transportasi dan kegiatan makan di luar rumah seiring kebijakan stay at home. Namun, kebijakan itu mendorong belanja masyarakat terhadap daging babi, alkohol dan barang saniter seperti masker wajah dan handuk kertas.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×