kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kontraksi Pabrik di China Makin Tajam di Bulan Desember, Perlu Lebih Banyak Stimulus


Minggu, 31 Desember 2023 / 11:17 WIB
Kontraksi Pabrik di China Makin Tajam di Bulan Desember, Perlu Lebih Banyak Stimulus
ILUSTRASI. Aktivitas manufaktur Tiongkok menyusut selama tiga bulan berturut-turut pada bulan Desember.


Sumber: Reuters | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Aktivitas manufaktur Tiongkok menyusut selama tiga bulan berturut-turut pada bulan Desember dan melemah lebih dari yang diharapkan. Kondisi ini mengaburkan prospek pemulihan ekonomi negara tersebut dan meningkatkan kebutuhan akan stimulus baru di tahun baru.

Pemerintah China dalam beberapa bulan terakhir telah memperkenalkan serangkaian kebijakan untuk menopang pemulihan pascapandemi yang lemah. Pemulihan ekonomi terhambat oleh kemerosotan properti yang parah, risiko utang pemerintah daerah, dan lemahnya permintaan global. Namun negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia ini masih kesulitan untuk mendapatkan daya tariknya.

Indeks manajer pembelian resmi (PMI) turun menjadi 49,0 pada bulan Desember dari 49,4 pada bulan sebelumnya, berdasarkan survei resmi pabrik pada hari Minggu (31/12). Angka di bawah 50 yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi dan lebih lemah dari perkiraan median sebesar 49,5 dalam jajak pendapat Reuters. 

“Kita harus meningkatkan dukungan kebijakan, jika tidak, tren perlambatan pertumbuhan akan terus berlanjut,” kata Nie Wen, ekonom di Hwabao Trust kepada Reuters. Nie memperkirakan bank sentral akan menurunkan suku bunga dan rasio persyaratan cadangan (RRR) bank dalam beberapa minggu mendatang.

Baca Juga: 15 Tradisi Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara, Buang Perabot hingga Makan Mie

“Penurunan harga sangat mempengaruhi keuntungan perusahaan dan selanjutnya mempengaruhi lapangan kerja dan pendapatan masyarakat. Kita mungkin melihat lingkaran setan,” katanya.

Bank sentral China pada Kamis lalu mengatakan akan meningkatkan penyesuaian kebijakan untuk mendukung perekonomian dan mendorong pemulihan harga, di tengah tanda-tanda meningkatnya tekanan deflasi atawa penurunan harga.

Awal bulan ini, para pemimpin Tiongkok pada pertemuan penting untuk memetakan arah perekonomian pada tahun 2024 berjanji untuk mengambil lebih banyak stimulus guna mendukung pemulihan tahun depan.

Lima bank pemerintah terbesar China  menurunkan suku bunga sejumlah deposito pada 22 Desember. Ini merupakan putaran ketiga penurunan suku bunga tahun 2023, yang dapat membantu bank sentral bergerak menuju pelonggaran kebijakan moneter.

Harga konsumen Tiongkok mengalami penurunan tercepat dalam tiga tahun pada bulan November. Sementara deflasi di tingkat pabrik semakin dalam, terbebani oleh lemahnya permintaan domestik.

Baca Juga: Ambisi Xiaomi Menjadi Salah Satu dari 5 Produsen Mobil Listrik Terbesar Dunia

Sub-indeks pesanan baru berada di 48,7, mengalami kontraksi pada bulan ketiga, menurut survei PMI yang dirilis oleh Biro Statistik Nasional.

Lemahnya permintaan eksternal masih menjadi hambatan besar pada aktivitas pabrik. Indeks pesanan ekspor baru tercatat 45,8 pada bulan Desember, mengalami kontraksi selama sembilan bulan berturut-turut.

Sub-indeks harga pabrik berada di 47,7, mengalami kontraksi selama tiga bulan berturut-turut. Angka ini menambah tanda-tanda deflasi dan tekanan pada keuntungan bisnis.

Indeks manajer pembelian (PMI) non-manufaktur resmi, yang mencakup jasa dan konstruksi, naik menjadi 50,4 dari 50,2 pada bulan November, didukung oleh pemulihan di sektor jasa yang luas.

Pertumbuhan ekonomi Tiongkok diperkirakan akan mencapai target resmi sekitar 5% tahun ini. Pemerintah China diperkirakan akan mempertahankan target tersebut pada tahun depan.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×