kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45937,84   -25,89   -2.69%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konvoi Besar Militer Rusia Berkumpul di Pinggiran Ibu Kota Ukraina, Siap Gempur Kyiv?


Selasa, 01 Maret 2022 / 12:46 WIB
Konvoi Besar Militer Rusia Berkumpul di Pinggiran Ibu Kota Ukraina, Siap Gempur Kyiv?
ILUSTRASI. Tentara Garda Nasional Ukraina mengambil posisi di Kyiv tengah, setelah Rusia melancarkan operasi militer besar-besaran terhadap Ukraina, 25 Februari 2022. REUTERS/Gleb Garanich.


Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - KYIV. Sebuah konvoi besar militer Rusia berkumpul di pinggiran ibu kota Ukraina Selasa (1/3), kekhawatiran tumbuh negeri beruang merah akan meluncurkan serangan menghancurkan yang bertujuan untuk menguasai Kyiv dan kota-kota besar lainnya.

Gambar satelit menunjukkan penumpukan kendaraan lapis baja dan artileri yang panjang mulai 29 km Utara Kyiv, saat Moskow menentang tekanan global yang meningkat dan gelombang sanksi internasional yang telah menghancurkan ekonomi Rusia.

Pembicaraan gencatan senjata awal antara Moskow dan Kyiv pada Senin (28/2) gagal untuk mengamankan terobosan, dengan Rusia menembaki daerah pemukiman di kota terbesar kedua Ukraina Kharkiv dan daerah lain di negara itu setelah negosiasi.

Tentara Rusia telah berkumpul kembali dan mengumpulkan pasukannya selama 24 jam terakhir, "terutama untuk mengepung dan menguasai Kyiv dan kota-kota besar lainnya," tulis Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina di Facebook, seperti dikutip Channel News Asia.

Baca Juga: PBB: 102 Warga Sipil Ukraina Tewas Sejak Invasi Rusia Dimulai

Konvoi itu panjangnya lebih dari 65 km dan menutupi seluruh jalan dari dekat Bandara Antonov di luar Kyiv ke Kota Prybirsk, menurut perusahaan pencitraan satelit asal Amerika Serikat, Maxar.

"Beberapa kendaraan berjarak cukup jauh, sementara di bagian lain, peralatan dan unit militer melaju dua atau tiga kendaraan di jalan," sebut Maxar, seperti dilansir Channel News Asia.

Gambar-gambar satelit dari Maxar juga menunjukkan "penempatan pasukan darat tambahan dan unit helikopter serang" di Belarusia bagian Selatan, dekat perbatasan Ukraina.

Wali Kota Kharkiv Igor Terekhov mengungkapkan, kendaraan lapis baja dan militer Moskow ada "di mana-mana di sekitar kota". Pasukan Rusia membunuh beberapa warga sipil termasuk anak-anak pada Senin (28/2) malam, klaimnya.

Wali Kota Kherson Igor Kolykhayev juga menulis di Facebook, tentara Rusia telah mendirikan pos pemeriksaan di semua pintu masuk kota. Tetapi, dia menegaskan, Kherson "tetap Ukraina" dan "akan mampu melawan".




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×