kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korban Tewas Akibat Gempa di Turki Tembus 38.000 Orang


Jumat, 17 Februari 2023 / 15:51 WIB
Korban Tewas Akibat Gempa di Turki Tembus 38.000 Orang
ILUSTRASI. Korban Tewas Akibat Gempa di Turki Tembus 38.000 Orang


Sumber: Daily Sabah | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - ANKARA. Korban tewas akibat gempa dahsyat di Turki telah mencapai 38.000 pada Kamis (16/2) malam waktu setempat. 

Secara rinci, Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) melaporkan ada 38.044 korban tewas akibat gempa yang terjadi pada 6 Februari lalu tersebut.

Sebagai tambahan, Daily Sabah melaporkan bahwa otoritas terkait dan pihak medis mengatakan ada 3.688 korban meninggal di Suriah, sehingga total korban jiwa di dua negara menjadi 41.732.

Gempa berkekuatan 7,7 SR dan 7,6 SR melanda wilayah tenggara Turki hingga Suriah. Ribuan bangunan runtuh dan menimbulkan kerusakan parah pada infrastruktur. Gempa tersebut memengaruhi lebih dari 13 juta orang di 11 provinsi di Turki.

Baca Juga: Sekjen PBB Mengimbau Gempa di Turki dan Suriah Jangan Dipolitisasi

AFAD pada hari Kamis juga melaporkan adanya gempa bermagnitudo 5,1 SR yang mengguncang distrik Arsuz di provinsi Hatay. Dijelaskan bahwa pusat gempa berada di Laut Mediterania, sekitar 6 kilometer dari Arsuz, pada kedalaman 9,26 kilometer.

Kepada kantor berita Anadolu Agency (AA), Gubernur Hatay Rahmi Dogan mengatakan bahwa mereka belum menerima laporan terkait adanya kerusakan bangunan, namun mereka telah mengirim tim untuk mengamati situasi pasca gempa.

Hingga saat ini proses evakuasi korban masih terus dilakukan karena ribuan bangunan runtuh dalam waktu singkat dan menimbun warga yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Erdogan: Gempa Bumi Turki Hampir Sama Kuatnya dengan Bom Atom

Sederet bantuan internasional mulai berdatangan sejak gempa terjadi, mulai dari tim penyelamat, anjing pelacak, alat berat, tenda pengungsian, hingga bantuan dana.

Baru-baru ini PBB juga telah menjanjikan bantuan kemanusiaan senilai US$1 miliar untuk membantu korban yang selamat di Turki. Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dana tersebut akan memberikan bantuan kemanusiaan selama tiga bulan kepada 5,2 juta orang.

"Uang itu akan memungkinkan organisasi bantuan untuk dengan cepat meningkatkan dukungan vital, termasuk di bidang ketahanan pangan, perlindungan, pendidikan, air dan tempat tinggal. Saya mendesak komunitas internasional untuk meningkatkan dan mendanai sepenuhnya upaya kritis ini sebagai tanggapan atas salah satu bencana alam terbesar di zaman kita," ungkapnya.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×