kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Selatan akan impor vaksin virus corona dari Pfizer Inc dan Johnson & Johnson's


Kamis, 24 Desember 2020 / 15:01 WIB
Korea Selatan akan impor vaksin virus corona dari Pfizer Inc dan Johnson & Johnson's
ILUSTRASI. Corona di Korea Selatan. REUTERS/Kim Hong-Ji


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Selatan telah menandatangani kesepakatan dengan Pfizer Inc dan Johnson & Johnson's Janssen untuk mengimpor vaksin virus corona bagi kebutuhan hingga 16 juta orang. Negara itu bergulat dengan gelombang ketiga pandemi, kata perdana menteri pada Kamis.

Pemerintah telah menghadapi tekanan publik yang semakin meningkat atas rencana pengadaan vaksin COVID-19 mereka karena negara tersebut melaporkan penghitungan harian tertinggi kedua kasus pada hari Rabu. Vaksin Pfizer, yang dikembangkan dengan mitra Jerman BioNTech, akan cukup untuk mencakup 10 juta orang dan pengirimannya diharapkan pada kuartal ketiga tahun 2021.

"Kami memobilisasi seluruh kemampuan nasional untuk membawa pengiriman dalam kuartal kedua," kata Perdana Menteri Chung Sye-kyun dalam sebuah briefing yang disiarkan televisi. Negosiasi sedang berlangsung.

Chung mengatakan dosis dari Janssen, divisi farmasi J&J ditambahkan dari jumlah awal untuk 4 juta orang menjadi 6 juta dan akan siap untuk inokulasi mulai kuartal kedua.

Kesepakatan Pfizer dan Janssen adalah bagian dari rencana pemerintah untuk membeli dosis yang cukup dari empat pembuat obat dan inisiatif COVAX global, yang didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia, yang akan memungkinkan imunisasi setidaknya 85% dari populasi Korea Selatan yang berjumlah 52 juta.

Pemerintah telah menandatangani kesepakatan dengan AstraZeneca Plc, yang akan dikirimkan paling cepat Januari tahun depan, dan sedang dalam pembicaraan terakhir dengan Moderna Inc untuk menandatangani kesepakatan pada Januari untuk mengamankan 20 juta dosis.

Baca Juga: Singapura laporkan kasus pertama varian virus corona Inggris, 11 lainnya dikarantina

Otoritas kesehatan akan memulai program vaksinasi publik paling cepat Februari tahun depan, yang akan selesai sekitar November. Pemerintah telah mengalokasikan tambahan 1,3 triliun won (US$ 1,2 miliar) untuk anggaran tahun depan untuk vaksin.

KDCA melaporkan 985 kasus virus corona baru pada Rabu tengah malam, sehingga penghitungan nasional menjadi 53.533, dengan 756 kematian. Korea Selatan telah meningkatkan pengujian kepada lebih dari 55.000 orang per hari, dibandingkan dengan sekitar 16.000 per hari pada bulan September, untuk melacak kasus-kasus yang tidak diketahui asalnya dan kasus-kasus asimtomatik.

Pihak berwenang telah menutup semua resor ski dan tempat wisata musim dingin dan melarang pertemuan lebih dari empat orang dalam upaya untuk menghentikan penyebaran selama liburan Natal dan Tahun Baru.

Ekonomi terbesar keempat di Asia memenangkan pujian internasional awal tahun ini ketika dengan cepat meredam wabah dengan pelacakan kontak berteknologi tinggi yang agresif, tetapi para pejabat mengakui terlalu percaya diri yang membuat mereka berusaha menahan gelombang ketiga.

Selanjutnya: Moderna yakin vaksinnya juga bisa melawan varian Covid-19 baru




TERBARU

[X]
×