kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Selatan dan Amerika Serikat batalkan latihan militer gabungan, ada apa?


Senin, 17 Agustus 2020 / 05:57 WIB
Korea Selatan dan Amerika Serikat batalkan latihan militer gabungan, ada apa?
ILUSTRASI. Korea Selatan dan Amerika Serikat batalkan latihan militer gabungan


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Seoul. Militer Korea Selatan ( Korsel) dan Amerika Serikat ( AS) menunda latihan militer gabungan pada Minggu (16/8/2020). Penyebabnya, salah satu perwira Korsel positif terinfeksi virus corona.

Dilaporkan media lokal, latihan yang sedianya digelar pada Minggu (16/8/2020) akan ditunda pelaksanaannya selama dua hari. Diberitakan Yonhap News Agency, salah satu perwira militer Angkatan Darat Korsel dinyatakan positif terinfeksi virus corona pada Jumat (14/8/2020).

Baca juga: Lowongan kerja terbaru dari eks Menteri Susi Pudjiastuti, bisa untuk fresh graduate

Kepala Staf Latihan Gabungan Korsel mengatakan pada Minggu bahwa latihan gabungan tersebut ditunda dan akan dilaksanakan pada Selasa (18/8/2020) karena situasi itu. Diwartakan Reuters, latihan gabungan tersebut diawasi secara ketat oleh Korea Utara (Korut) dan menyebutnya sebagai " latihan perang".

Padahal, jumlah latihan gabungan antara Korsel dan AS telah dikurangi dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu dilakukan untuk memfasilitasi negosiasi AS yang bertujuan membongkar program nuklir milik Korut. Tahun ini, jumlah personel militer yang mengikuti latihan gabungan juga akan dikurangi.

Pasukan yang berbasis di AS juga tidak dimobilisasi ke Korsel di tengah pembatasan karena pandemi Covid-19. Kepala Staf Latihan Gabungan Korsel mengatakan latihan gabungan tahun ini akan berfokus pada postur pertahanan gabungan. Sementara latihan untuk transisi kontrol operasional masa perang di semenanjung Korea akan dilakukan sebagian.

Baca juga: Diskon Tupperware promo Agustus 2020 edisi HUT RI mulai berlaku, ini daftarnya

Latihan gabungan antara AS dan Korsel tersebut sedianya akan dilangsungkan hingga 28 Agustus. Sebelumnya, Korsel dan AS telah membatalkan latihan gabungan pada musim semi yang biasanya digelar pada awal tahun karena pandemi virus corona.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Satu Perwira Terinfeksi Covid-19, Latihan Gabungan AS-Korsel Ditunda",
Penulis : Danur Lambang Pristiandaru
Editor : Danur Lambang Pristiandaru




TERBARU

[X]
×