kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Selatan: Korea Utara Dicurigai Menembakkan Rudal Balistik Antarbenua


Jumat, 18 November 2022 / 10:23 WIB
Korea Selatan: Korea Utara Dicurigai Menembakkan Rudal Balistik Antarbenua
ILUSTRASI. Korea Selatan menyatakan, Korea Utara menembakkan rudal balistik antarbenua KCNA via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Selatan menyatakan, Korea Utara menembakkan rudal balistik antarbenua, sehari setelah meluncurnya rudal yang lebih kecil dan memperingatkan tanggapan militer yang lebih keras terhadap AS yang meningkatkan kehadiran keamanan regionalnya.

Mengutip Reuters, Jumat (18/11), ini telah menjadi tahun pemecahan rekor untuk program rudal Korea Utara, setelah kembali menguji ICBM untuk pertama kalinya sejak 2017 dan melanggar moratorium yang diberlakukan sendiri pada peluncuran jarak jauh ketika pembicaraan denuklirisasi terhenti.

Penjaga Pantai Jepang mengatakan rudal itu kemungkinan telah mendarat di laut kira-kira 210 kilometer (130 mil) barat Hokkaido.

Baca Juga: Lagi-lagi, Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan belum ada laporan kerusakan, tetapi peluncuran rudal Korut yang berulang kali tidak dapat ditoleransi. Dia mengatakan rudal itu tampaknya telah mendarat di dalam zona ekonomi eksklusif Jepang.

ICBM adalah senjata jarak jauh Korea Utara dan dirancang untuk membawa hulu ledak nuklir sejauh mana pun di benua Amerika Serikat.

Sehari sebelumnya, Korea Utara menembakkan rudal balistik jarak pendek sementara menteri luar negerinya, Choe Son Hui, memperingatkan "tanggapan militer yang lebih keras" terhadap langkah AS untuk meningkatkan kehadiran militernya, dengan mengatakan Washington mengambil "pertaruhan yang akan disesalinya".

Dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh media pemerintah, Choe mengutuk KTT trilateral Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang hari Minggu di mana para pemimpin negara-negara tersebut mengkritik uji coba senjata Pyongyang dan menjanjikan kerja sama keamanan yang lebih besar.

Tahun ini Korea Utara telah melakukan rekor jumlah uji coba rudal balistik, yang dilarang oleh resolusi Dewan Keamanan PBB yang telah memberikan sanksi kepada negara tersebut atas program rudal dan senjata nuklirnya.

Peluncuran hari Jumat dilakukan saat Wakil Presiden AS Kamala Harris berada di Thailand untuk KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC), di tengah ketegangan geopolitik atas perang di Ukraina dan titik nyala lainnya seperti Taiwan dan semenanjung Korea.

Rudal Jangka Panjang

ICBM adalah rudal balistik dengan jangkauan minimum sekitar 5.500 kilometer (3.400 mil), terutama dirancang untuk pengiriman senjata nuklir. Beberapa mampu menempuh jarak 10.000 km (6.200 mil) atau lebih.

Beberapa rudal hanya membawa satu hulu ledak, tetapi analis menduga bahwa Korea Utara sedang berusaha mengembangkan ICBM yang dapat membawa banyak hulu ledak, masing-masing dapat menavigasi ke titik tujuan terpisah, pada kendaraan re-entry (MIRV) yang dapat ditargetkan secara independen.

Tes ICBM Korea Utara yang dicurigai terakhir dilakukan pada 3 November, ketika Korea Utara menembakkan beberapa rudal ke laut dalam apa yang dikatakan sebagai protes terhadap latihan militer sekutu oleh Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Baca Juga: Saling Mengertak, Korea Utara dan Korea Selatan Terbangkan Ratusan Jet Tempur

Berdasarkan foto yang dirilis oleh media pemerintah, analis mengatakan peluncuran 3 November tampaknya merupakan ICBM yang sebelumnya tidak terlihat, kemungkinan merupakan varian dari ICBM Hwasong-15, yang pertama kali diuji pada tahun 2017 dan mungkin telah diluncurkan pada bulan Maret juga.

Seorang pejabat Korea Selatan mengatakan tes 3 November mungkin gagal di ketinggian. Pejabat Korea Selatan dan AS telah melaporkan bahwa sejumlah tes ICBM Korea Utara tampaknya gagal tahun ini.

Korea Utara mengklaim telah berhasil meluncurkan ICBM Hwasong-17 baru yang besar untuk pertama kalinya pada 24 Maret, tetapi pejabat Korea Selatan dan AS menyimpulkan bahwa peluncuran tersebut tampaknya adalah Hwasong-15 yang diluncurkan sebelumnya.

Peluncuran 24 Maret tetap merupakan uji ICBM terbesar yang pernah dilakukan Korea Utara, terbang 67,5 menit ke ketinggian maksimum 6.248,5 km (3.905 mil), lapor media pemerintah Korea Utara.

Korea Utara juga telah menembakkan ratusan peluru artileri ke laut baru-baru ini ketika Korea Selatan dan Amerika Serikat mengadakan latihan, beberapa di antaranya melibatkan Jepang. 




TERBARU

[X]
×