kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45905,95   -17,54   -1.90%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Selatan: Tidak ada bukti kapal tanker MT Hankuk Chemi mencemari perairan


Rabu, 06 Januari 2021 / 15:51 WIB
Korea Selatan: Tidak ada bukti kapal tanker MT Hankuk Chemi mencemari perairan
ILUSTRASI. Korea Selatan klaim tak ada bukti terkait pencemaran laut yang dilakukan kapal tanker berbendera negara tersebut


Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Pemerintah Korea Selatan menegaskan tidak ada bukti yang menopang klaim Iran bahwa kapal tanker berbendera Korea Selatan mencemari laut ketika ditangkap oleh pasukan Garda revolusi Iran di awal pekan ini. 

Rabu (6/1), dalam pernyataannya di Majelis Nasional, Wakil Menteri Luar Negeri Pertama Choi Jong-kun mengatakan, tuduhan dari Teheran terkait pencemaran laut sebagai dasar keputusan untuk menyita kapal tanker minyak di Selat Hormuz tidak dapat dibuktikan. 

Seperti diketahui, kapal tanker MT Hankuk Chemi telah ditahan oleh Garda Revolusi Iran (IRGC) sejak Senin (4/1), dengan 20 anggota awak, termasuk lima warga Korea Selatan.

"Jika kontaminasi laut sampai pada tingkat yang terlihat dengan mata telanjang, kami dapat memastikannya dari helikopter. Tapi tidak ada bukti seperti itu yang terungkap dan kapal itu telah berlayar dengan peralatan keamanan yang cukup," kata Choi.

Baca Juga: Korea Selatan bekukan Rp 129 triliun dana milik pemerintah Iran

Teheran telah mengklaim bahwa penyitaan itu terjadi karena "masalah teknis" dan masalah tersebut akan ditangani sesuai dengan proses peradilannya. Operator kapal membantah tuduhan tersebut dan meragukan legalitas penyitaan tersebut.

"Terlepas dari status hukum kapal Korea, selama tidak ada demonstrasi 'tindakan kontaminasi yang disengaja dan serius' yang akan mendiskualifikasi jalur tidak bersalah kapal, kami menemukan bahwa tidak ada pelanggaran hukum internasional yang terjadi," ujar Kementerian Luar Negeri Korea Selatan kata dalam sebuah dokumen yang diserahkan kepada anggota parlemen menjelang pertemuan.

Choi diperkirakan akan melakukan perjalanan ke Iran awal pekan depan dalam perjalanan yang telah diatur sebelum insiden tersebut. Kunjungannya sekarang diharapkan fokus pada diskusi tentang penyitaan tersebut.

Pada pertemuan hari Rabu, Choi menekankan bahwa pembicaraan tentang aset Iran yang dibekukan akan dilanjutkan secara terpisah dari negosiasi tentang penyitaan, karena mengamankan pembebasan awak dan menyelesaikan masalah harus menjadi prioritas utama pemerintah, menurut anggota parlemen.

Saat ini, aset Iran yang diperkirakan mencapai US$ 7 miliar berada di beberapa bank Korea Selatan dan telah dibekukan sejalan dengan sanksi yang diterapkan AS kepada Teheran. 

Pejabat Seoul mengonfirmasi bahwa kedua negara dan AS telah melakukan pembicaraan tentang penggunaan pembekuan aset yang sebenarnya akan digunakan untuk membeli vaksin Covid-19 dan barang lainnya untuk Iran.

Spekulasi telah muncul bahwa penyitaan itu mungkin dimaksudkan untuk menekan Seoul agar membuka pembekuan aset di Seoul yang berada di bawah sanksi AS. 

Kementerian Luar Negeri menambahkan, "Kami tidak membuat prediksi berdasarkan spekulasi, tetapi kami memfokuskan upaya pada situasi saat ini sambil tetap membuka semua kemungkinan."

Kementerian juga mengatakan dalam dokumen bahwa pihaknya sedang mempersiapkan tanggapan hukum atas penyitaan kapal dan memeriksa fakta tentang rute laut kapal dan klaim lain yang dibuat oleh Iran.

Baca Juga: Dituding cemari perairan, Iran sita kapal tanker Korea Selatan

"Kementerian sedang memverifikasi fakta mengenai klaim Iran tentang pencemaran lingkungan, pertanyaan tentang apakah kapal itu berlayar di perairan internasional atau teritorial, dan juga apakah penyitaan itu dilakukan dalam proses yang sesuai dengan hukum internasional," katanya.

Pada hari Selasa, kementerian luar negeri mengatakan kedua belah pihak setuju untuk menyelesaikan masalah tersebut secara diplomatis. Seoul berencana untuk mengirim delegasi Kamis pagi untuk merundingkan masalah tersebut dengan Teheran.

Kementerian luar negeri Seoul sebelumnya mengatakan akan terus berkonsultasi dengan Iran tentang masalah tersebut sehingga delegasi dapat tiba di tempat kejadian pada tanggal yang lebih awal.

"Insiden ini adalah masalah penting yang berkaitan langsung dengan keselamatan orang-orang kami dan melindungi aset mereka," kata seorang pejabat kementerian. "Kami berencana untuk melanjutkan konsultasi dengan pihak Iran."

Selanjutnya: Kasus pembunuhan Jenderal Soleimani, Iran minta Interpol tangkap Donald Trump




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×