Korea Utara Berhasil Uji Coba Senjata Baru, Diduga Terkait Nuklir

Senin, 18 April 2022 | 06:35 WIB Sumber: Kompas.com
Korea Utara Berhasil Uji Coba Senjata Baru, Diduga Terkait Nuklir

ILUSTRASI. Korea Utara Berhasil Uji Coba Senjata Baru, Diduga Terkait Nuklir


KONTAN.CO.ID - Pyongyang. Korea Utara terus memperkuat kemampuan militer dengan senjata nuklir. Terbaru, Korea Utara menyatakan telah berhasil menguji senjata baru, yang dikatakan akan secara signifikan meningkatkan kemampuan nuklir taktisnya.

Dilansir dari BBC pada Minggu (17/4/2022), foto-foto menunjukkan pemimpin negara itu Kim Jong-un tersenyum dan bertepuk tangan saat dia menyaksikan peluncuran rudal baru. Para ahli percaya ini adalah tanda bahwa Korea Utara berencana menguji senjata nuklir lengkap segera - dengan kata lain, senjata nuklir taktis.

Korea Utara menghentikan uji coba nuklir pada 2017. Tahun berikutnya, mereka meledakkan terowongan di situs uji coba nuklir Punggye-ri. Langkah itu dianggap sebagai bagian dari pemulihan hubungan diplomatik dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS).

Tetapi citra satelit baru-baru ini menunjukkan pekerjaan sedang dilakukan untuk memulihkan terowongan. "Senjata berpemandu taktis tipe baru ... sangat penting dalam meningkatkan daya tembak unit artileri jarak jauh garis depan secara drastis, dan meningkatkan efisiensi dalam pengoperasian nuklir taktis," menurut laporan kantor berita resmi Korea Utara KCNA.

Foto tak bertanggal ini disediakan Minggu, 17 April 2022, oleh pemerintah Korea Utara menunjukkan pemimpinnya Kim Jong Un di sebuah lokasi yang dirahasiakan di Korea Utara mengamati peluncuran uji coba senjata berpemandu taktis yang baru dikembangkan.

Baca Juga: Korut Peringati Haul Kim Il Sung Tanpa Parade Militer, Tumben!

Laporan media pemerintah Korea Utara itu menambahkan bahwa Kim telah memberikan "instruksi penting untuk melanjutkan pembangunan kemampuan pertahanan dan kekuatan tempur nuklir negara itu".

Militer Korea Selatan mengkonfirmasi bahwa dua rudal - kemungkinan jarak pendek - diluncurkan dari Utara ke laut pada Sabtu (16/4/2022) malam. AS mengatakan sedang memantau situasi.

Para ahli mengatakan waktu tes dapat dilihat sebagai protes terhadap latihan militer gabungan AS dan Korea Selatan, yang akan berlangsung selama sembilan dari Senin (18/4/2022). Korea Utara sering mencela latihan semacam itu sebagai latihan untuk perang.

Waktu uji coba senjata terbaru juga bertepatan dengan acara peringatan hari lahir pendiri Korea Utara, Kim Il-sung, Jumat (15/4/2022) lalu. Hanya tiga minggu sebelum perayaan, Korea Utara menguji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) untuk pertama kalinya sejak 2017.

Korea Utara dilarang mengujinya dan telah diberi sanksi berat karena melakukannya sebelumnya. Mereka telah melakukan uji coba rudal reguler lainnya sebagai bagian dari program pengembangan senjatanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Korea Utara Uji Senjata Baru, Diklaim Bisa Tingkatkan Kemampuan Nuklir Taktisnya",


Penulis : Bernadette Aderi Puspaningrum
Editor : Bernadette Aderi Puspaningrum

 

Editor: Adi Wikanto

Terbaru