kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korut Peringati Haul Kim Il Sung Tanpa Parade Militer, Tumben!


Minggu, 17 April 2022 / 06:30 WIB
Korut Peringati Haul Kim Il Sung Tanpa Parade Militer, Tumben!


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Utara merayakan peringatan 110 tahun kelahiran mendiang pendiri Kim Il Sung dengan kembang api, proses dan gala malam pada Jumat (15/4) malam) di alun-alun utama Pyongyang. Ribuan orang bernyanyi dan menari dengan memakai pakain tradisional berwarna warni.

"The Day of the Sun" adalah hari libur umum tahunan terbesar Korea Utara. Kim, yang meninggal pada 1994, mendirikan rezim otoriter yang sekarang dipimpin oleh cucunya, Kim Jong Un. 

Mengutip Reuters, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi makam kakeknya, dan menghadiri "pertemuan nasional dan prosesi publik" di Lapangan Kim Il Sung Pyongyang, tetapi tidak memberikan pernyataan publik yang dilaporkan. 

Seorang pejabat senior berbicara pada pertemuan itu, mengatakan bahwa Korea Utara akan mengatasi semua kesulitan dan selalu muncul sebagai pemenang, kata kantor berita negara KCNA.

Baca Juga: Bahas Peluncuran Rudal, Perwakilan Khusus AS untuk Korea Selatan akan Kunjungi Seoul

Media pemerintah menayangkan cuplikan langsung dari gala malam di alun-alun Kim Il Sung setelah matahari terbenam pada hari Jumat, tetapi tidak memberikan tanda-tanda parade militer.

KCNA melaporkan, acara sebelumnya lainnya termasuk konser, pameran seni, dan seminar ideologis. Sebuah festival cahaya dibuka di pusat kota Pyongyang, dengan air mancur menari dan perahu yang dihias di Sungai Taedong.

Festival itu "menggambarkan secara artistik" rumah asli Kim Il Sung dan "gunung suci revolusi, Gunung Paektu," kata KCNA. 

Warga dapat mengambil foto di depan gapura yang diterangi dengan kalimat seperti "Pyongyang Is Best" dan "We Are the Happiest in the World."

Ekonomi Korea Utara telah terpukul oleh penutupan perbatasan dan sanksi internasional atas program nuklir dan misilnya, dan organisasi bantuan telah memperingatkan potensi krisis kemanusiaan.

Awal pekan ini, Kim Jong Un menghadiahkan apartemen baru kepada beberapa elit setianya, termasuk presenter TV paling terkenal di negara itu, dan menghadiri pembukaan proyek perumahan umum besar.

Baca Juga: Korea Utara Ancam Menyerang dengan Senjata Nuklir Jika Korsel Memulai Konfrontasi

Pemantau internasional mengatakan citra satelit komersial menunjukkan persiapan untuk parade militer menjelang liburan, tetapi tidak ada konfirmasi tentang parade yang terjadi pada Jumat malam.

Perayaan itu terjadi setelah Korea Utara melanjutkan pengujian pada bulan Maret rudal balistik antarbenua (ICBM) terbesarnya, untuk pertama kalinya sejak 2017, dan para pejabat di Seoul dan Washington mengatakan ada tanda-tanda akan segera melanjutkan uji coba senjata nuklir juga. Tes senjata utama terkadang dilakukan pada hari libur utama.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×