kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik Usai Korsel, Jepang & AS Gelar Latihan Gabungan


Senin, 01 Juli 2024 / 07:05 WIB
Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik Usai Korsel, Jepang & AS Gelar Latihan Gabungan
ILUSTRASI. Korea Utara meluncurkan beberapa rudal balistik di awal pekan ini (1/7)


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Utara menembakkan satu rudal balistik jarak pendek dan satu rudal balistik lainnya pada Senin (1/7). 

Militer Korea Selatan mengatakan, rudal balistik jarak pendek pertama ditembakkan ke timur laut sekitar pukul 5:05 waktu setempat dari dekat Changyon, Provinsi Hwanghae Selatan di Korea Utara. 

Sementara itu,rudal balistik tak dikenal lainnya terdeteksi sekitar pukul 05.15 waktu setempat dari area yang sama, ungkap Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.

Rudal pertama terbang sekitar 600 km (373 mil). Yang kedua terbang sekitar 120 km, dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) masih menganalisis peluncuran tersebut, tambahnya.

“Kami mengutuk keras peluncuran rudal Korea Utara sebagai sebuah provokasi yang secara serius mengancam perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea,” kata Kepala Staf Gabungan dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa pihaknya berbagi informasi mengenai rudal tersebut dengan pihak berwenang AS dan Jepang.

Baca Juga: Korea Selatan Rilis Video Rudal Korea Utara Meledak Saat Terbang

“Militer Korea Selatan akan mempertahankan kapasitas dan posturnya untuk merespons setiap provokasi sambil memantau dengan cermat berbagai aktivitas Korea Utara di bawah postur pertahanan bersama Korea Selatan-AS yang kuat.”

Pada hari Minggu (30/6), Korea Utara mengkritik latihan militer gabungan Korea Selatan, Jepang dan Amerika Serikat yang diadakan bulan lalu dan memperingatkan “respon yang luar biasa” terhadap latihan tersebut.

Korea Utara bilang, pekan lalu bahwa Korea Utara telah berhasil melakukan uji coba penting yang bertujuan untuk mengembangkan rudal yang membawa banyak hulu ledak, sebuah klaim yang ditolak oleh Korea Selatan dan menyebutnya sebagai “penipuan” untuk menutupi kegagalan peluncuran.




TERBARU

[X]
×