kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Utara Punya Rudal Baru? Ini Penjelasan Analis


Rabu, 09 November 2022 / 05:24 WIB
Korea Utara Punya Rudal Baru? Ini Penjelasan Analis
ILUSTRASI. Hubungan Korea Selatan dan Korea Utara semakin memanas beberapa waktu belakangan. KCNA via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Pada Senin (7/11/2022), Korea Utara mengatakan bahwa peluncuran misilnya baru-baru ini merupakan simulasi serangan terhadap Korea Selatan dan Amerika Serikat. Langkah itu dilakukan ketika kedua negara mengadakan "latihan perang berbahaya". 

Sementara, Korea Selatan mengatakan telah menemukan bagian-bagian dari misil Korea Utara di dekat pantainya.

Mengutip Reuters, pada pekan lalu, Korea Utara melakukan uji coba beberapa rudal, termasuk kemungkinan rudal balistik antarbenua (ICBM) yang gagal, dan ratusan peluru artileri ke laut, saat Korea Selatan dan Amerika Serikat melakukan latihan udara enam hari yang berakhir pada hari Sabtu.

Militer Korea Utara mengatakan latihan "Vigilant Storm" adalah provokasi terbuka yang bertujuan meningkatkan ketegangan dengan sengaja dan latihan perang berbahaya dengan sifat agresif yang sangat tinggi.

Tentara Korea Utara mengatakan telah melakukan kegiatan simulasi serangan terhadap pangkalan udara dan pesawat, serta kota besar Korea Selatan, untuk "menghancurkan histeria perang musuh yang gigih".

Baca Juga: Korea Utara Tegaskan Tak Memiliki Rencana untuk Mengirim Senjata ke Rusia

Kesibukan peluncuran rudal termasuk yang paling banyak dalam satu hari, dan terjadi di tengah rekor tahun pengujian rudal oleh Korea Utara yang bersenjata nuklir.

Pejabat Korea Selatan dan AS juga mengatakan bahwa Pyongyang telah membuat persiapan teknis untuk menguji perangkat nuklir, yang pertama kali dilakukan sejak 2017.

Menurut pernyataan Departemen Luar Negeri AS, Diplomat senior dari Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan berbicara melalui telepon pada hari Minggu dan mengutuk uji coba rudal baru-baru ini, termasuk peluncuran rudal "sembrono" yang mendarat di lepas pantai Korea Selatan pekan lalu.

Seorang pejabat di Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan pada hari Senin bahwa sebuah kapal Korea Selatan telah menemukan puing-puing yang diyakini sebagai bagian dari rudal balistik jarak pendek Korea Utara (SRBM). Ini adalah pertama kalinya rudal balistik Korea Utara mendarat di dekat perairan Korea Selatan.

Baca Juga: Saling Mengertak, Korea Utara dan Korea Selatan Terbangkan Ratusan Jet Tempur

Menurut pejabat tersebut, kapal penyelamat Angkatan Laut Korea Selatan menggunakan penyelidikan bawah air untuk memulihkan bagian-bagian, yang sedang dianalisis.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×