kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,60   4,88   0.55%
  • EMAS1.365.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Utara Tembakkan Dua Rudal Balistik, Korsel: Satu di Antaranya Gagal


Senin, 01 Juli 2024 / 21:11 WIB
Korea Utara Tembakkan Dua Rudal Balistik, Korsel: Satu di Antaranya Gagal
ILUSTRASI. Korea Utara telah menembakkan dua rudal balistik . KCNA melalui REUTERS


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Korea Utara telah menembakkan dua rudal balistik dan rudal kedua mungkin telah gagal dan meledak, kemungkinan menghujani daratan dengan puing-puing, kata militer Korea Selatan.

Peluncuran rudal pada hari Senin terjadi sehari setelah Pyongyang menjanjikan tanggapan yang ofensif dan luar biasa terhadap latihan militer baru yang dilakukan oleh Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa rudal tersebut diluncurkan 10 menit terpisah ke arah timur laut dari kota Jangyon di tenggara Korea Utara.

Pihak militer mengatakan bahwa rudal pertama terbang sejauh 600 km (370 mil) dan rudal kedua sejauh 120 km (75 mil), tetapi tidak mengatakan di mana rudal-rudal tersebut mendarat. Korea Utara biasanya melakukan uji coba rudal ke arah perairan timurnya, tetapi jarak terbang rudal kedua terlalu pendek untuk mencapai jarak sejauh itu.

Baca Juga: Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik Usai Korsel, Jepang & AS Gelar Latihan Gabungan

Juru bicara Kepala Staf Gabungan Lee Sung-joon kemudian mengatakan dalam sebuah konferensi pers bahwa tampaknya ada masalah dengan rudal kedua dan jika meledak, puing-puingnya mungkin akan berserakan di tanah.

Media Korea Selatan, mengutip sumber militer Korea Selatan yang tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa kemungkinan besar rudal kedua jatuh di daerah pedalaman Korea Utara, sementara rudal pertama mendarat di perairan lepas pantai kota Chongjin di bagian timur negara itu.

Peluncuran pada hari Senin merupakan yang pertama dari Korea Utara dalam lima hari terakhir dan terjadi saat AS, Korea Selatan, dan Jepang mengakhiri latihan "Freedom Edge", latihan militer trilateral multi-ranah yang baru.

Pyongyang biasanya menganggap latihan semacam itu sebagai latihan untuk invasi atau bukti permusuhan kedua negara.

"Dalam politik dan kebijakan militer Korea Utara, pertahanan terbaik sering kali merupakan serangan yang baik," kata Leif-Eric Easley, profesor studi internasional di Ewha Womans University di Seoul, dalam komentar melalui email.

"Pyongyang juga bertekad untuk tidak terlihat lemah ketika Korea Selatan melakukan latihan pertahanan dengan Jepang dan Amerika Serikat," tambahnya.

Baca Juga: Bikin Panas Lagi, Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik

Rabu lalu, Korea Utara meluncurkan apa yang disebutnya sebagai rudal berhulu ledak banyak dalam uji coba pertama yang diketahui sebagai pengembangan senjata canggih yang dimaksudkan untuk mengalahkan pertahanan rudal AS dan Korea Selatan, meskipun Korea Selatan membantah klaim tersebut. Korea Selatan mengatakan bahwa Pyongyang telah meluncurkan apa yang tampak seperti rudal hipersonik, namun rudal itu berputar di luar kendali dan meledak.

Pada hari Jumat, Korea Utara memulai pertemuan partai penguasa utama untuk menentukan apa yang disebutnya sebagai "isu-isu penting dan mendesak" yang terkait dengan upaya untuk lebih meningkatkan sosialisme gaya Korea. Para pengamat mengatakan bahwa pertemuan itu akan berlanjut pada hari Senin.




TERBARU

[X]
×