kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korut Serukan Komunitas Internasional untuk Setop Pembuangan Air Limbah Fukushima


Senin, 10 Juli 2023 / 06:32 WIB
Korut Serukan Komunitas Internasional untuk Setop Pembuangan Air Limbah Fukushima
ILUSTRASI. Korut menyerukan kepada masyarakat internasional untuk menghentikan Jepang membuang air limbah ke laut. KCNA melalui REUTERS


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

RENCANA PEMBUANGAN AIR LIMBAH FUKUSHIMA - Korea Utara menyerukan kepada masyarakat internasional untuk menghentikan Jepang membuang air limbah yang telah diolah dari pembangkit nuklir Fukushima ke laut.

“Masyarakat internasional yang adil tidak boleh duduk dan menonton tindakan jahat, anti-kemanusiaan, dan berperang oleh kekuatan korup yang mencoba mengganggu rumah manusia di planet biru – dan harus bersatu untuk sepenuhnya menghentikan dan menghancurkan mereka,” demikian pernyataan resmi Departemen Perlindungan Tanah dan Lingkungan Korea Utara.

Melansir CNN, pernyataan Korut, yang dilaporkan oleh outlet media pemerintah KCNA pada hari Minggu, muncul setelah Badan Energi Atom Internasional (IAEA) PBB mengatakan pekan lalu bahwa rencana Tokyo aman dan sejalan dengan standar internasional untuk keamanan lingkungan.

Informasi saja, Jepang berencana untuk melepaskan air limbah pada musim panas ini.

Pernyataan Pyongyang adalah yang terbaru dari serangkaian keprihatinan yang disuarakan oleh negara-negara tetangga seperti Korea Selatan, China, dan Kepulauan Pasifik – yang semuanya menimbulkan kekhawatiran tentang potensi kerusakan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Otoritas bea cukai China pada hari Jumat mengumumkan bahwa larangan impor makanan dari 10 prefektur Jepang termasuk Fukushima akan tetap berlaku dan akan memperkuat inspeksi untuk memantau zat radioaktif, untuk memastikan keamanan impor makanan Jepang ke China.

Persetujuan PBB tidak banyak membantu meyakinkan para nelayan dan penduduk yang masih terkena dampak bencana tahun 2011.

Baca Juga: Saat Warga Korea Selatan Ramai-Ramai Timbun Garam & Makanan Laut Gara-Gara Jepang

Berbicara kepada CNN dalam wawancara baru-baru ini di Tokyo, Direktur Jenderal IAEA Rafael Grossi mengatakan dia telah bertemu dengan kelompok nelayan Jepang dan walikota setempat dan mengakui ketakutan mereka.

“Disposisi saya … adalah mendengarkan, dan menjelaskan dengan cara yang bisa mengatasi semua kekhawatiran yang mereka miliki,” katanya. 

Dia menambahkan, “Ketika seseorang mengunjungi Fukushima, itu cukup mengesankan, saya bahkan akan mengatakan tidak menyenangkan, melihat semua tangki ini, lebih dari satu juta ton air yang mengandung radionuklida – membayangkan bahwa ini akan dibuang ke laut. Jadi segala macam ketakutan muncul, dan seseorang harus menanggapinya dengan serius, untuk mengatasi dan menjelaskan.

IAEA mengatakan bahwa tidak ada pilihan yang lebih baik untuk mengatasi penumpukan besar-besaran air limbah yang dikumpulkan sejak bencana.

Baca Juga: Jepang Layangkan Protes ke Korea Selatan Atas Latihan Militer di Pulau-Pulau Sengketa

“Kami telah melihat kebijakan dasar ini selama lebih dari dua tahun. Kami telah menilainya berdasarkan… standar paling ketat yang ada,” kata Grossi. "Dan kami cukup yakin dengan apa yang kami katakan, dan skema yang telah kami usulkan."




TERBARU

[X]
×