kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kota-Kota di China Bersiap Hadapi Banjir Saat Suhu Panas Menerpa Wilayah Pedalaman


Jumat, 21 Juli 2023 / 23:41 WIB
Kota-Kota di China Bersiap Hadapi Banjir Saat Suhu Panas Menerpa Wilayah Pedalaman
ILUSTRASI. Warga memegang payung di tengah hujan deras mengarungi banjir di jembatan di Hebi, provinsi Henan, China,


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Sejumlahg kota di China termasuk Shanghai dan Beijing bersiap menghadapi banjir pada Jumat (21/7). Sementara itu di daerah pedalaman justru terpanggang panas, mengancam menyusutkan danau air tawar terbesar di negara itu.

Perubahan cuaca liar telah mencengkeram China sejak April, menyebabkan kematian, merusak infrastruktur, tanaman layu, dan menimbulkan kekhawatiran akan kemampuannya mengatasi perubahan iklim.

Secara historis, China memasuki musim hujan puncaknya pada akhir Juli, tetapi badai menjadi lebih intens dan tidak dapat diprediksi, memperlihatkan kota-kota besar yang dibangun dengan drainase yang buruk.

Hujan deras melanda pusat keuangan Shanghai pada hari Jumat, dengan curah hujan di pusat kota mencapai 125,4 mm (4,9 inci) dalam waktu satu jam, menurut otoritas cuaca setempat.

Baca Juga: Larangan Ekspor Beras India Melahirkan Ancaman Inflasi di Pasar Global

Dalam video yang beredar di media sosial China menunjukkan, jalan di beberapa bagian Shanghai menjadi sungai, dengan mobil setengah terendam dan pejalan kaki berjuang melewati air setinggi lutut.

Di ibu kota Beijing, pihak berwenang mengerahkan lebih dari 2.600 orang untuk mengeringkan lusinan stasiun pompa terlebih dahulu dan membersihkan ribuan saluran pembuangan air di sepanjang jalan. Beberapa rute bus yang melintasi pinggiran kota dan daerah pegunungan dihentikan.

Pihak berwenang di kota tetangga Tianjin juga meningkatkan upaya pengendalian banjir di cekungan Hai, sistem drainase utama di utara.

Suhu Panas di Xinjiang Barat Utara

Sebaliknya, curah hujan yang sedikit di provinsi Jiangxi telah mengakibatkan Danau Poyang surut ke level terendah untuk saat ini sejak pencatatan dimulai pada tahun 1951.

Baca Juga: Militer China dan Rusia Bersiap untuk Latihan Gabungan di Laut Jepang

Danau Poyang, dikenal sebagai ginjal China karena perannya dalam mengatur aliran sungai Yangtze, biasanya membengkak di musim panas karena hujan dan surut di musim dingin.

Tahun lalu, tiba-tiba juga menyusut karena kekeringan.

Observatorium Meteorologi Pusat mengeluarkan peringatan hujan lebat di delapan provinsi dan daerah otonom hingga Sabtu malam, menurut media pemerintah.

Pada rapat kabinet yang dipimpin oleh Perdana Menteri Li Qiang, para pejabat mengatakan semua otoritas harus memprioritaskan nyawa dan memperhatikan pencegahan banjir dan pengendalian kekeringan, laporan radio pemerintah.

Sementara itu, suhu 35 Celcius (95 Fahrenheit) ke atas terus mengancam bagian lain China.

Xinjiang barat laut, di mana suhu mencapai rekor tertinggi 52,2C pada hari Minggu, tetap diselimuti panas yang lebih buruk dari biasanya.

Sementara di provinsi tetangga Gansu, beberapa daerah mengalami panas yang hebat dan yang lain memperingatkan akan banjir dan tanah longsor.

Pejabat setempat telah berulang kali memperingatkan bahwa China rentan terhadap dampak perubahan iklim karena populasinya yang besar dan pasokan air yang tidak merata.

Di provinsi Jiangsu, air terjun jatuh ke stasiun kereta api berkecepatan tinggi di kota Wuxi yang diguyur hujan, menurut klip media sosial.

Baca Juga: Pertama Kali, Dewan Keamanan PBB Gelar Pertemuan untuk Membahas Ancaman AI

Sebanyak 150 kota tergenang air setiap musim panas, meskipun ada upaya untuk memperbaiki drainase.

Pada Juli 2021, hujan ekstrem di kota Zhengzhou, di provinsi Henan, menewaskan hampir 400 orang, termasuk 14 orang yang tenggelam di jalur kereta bawah tanah yang terendam.

Lebih banyak hujan yang turun selama tiga hari daripada yang biasanya terjadi di kota itu dalam setahun.

Biro Cuaca Nasional memperingatkan, hujan deras hingga 130 mm (5,12 inci) diperkirakan terjadi di beberapa bagian Hebei, Beijing dan Tianjin hingga Sabtu (22/7) pagi.

Pada Jumat pagi, bagian dari tembok kota kuno di Chongqing di China barat daya runtuh setelah curah hujan per jam mencapai 100,3 mm selama beberapa hari terakhir.




TERBARU

[X]
×