Sumber: The Guardian,The Guardian | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
KONTAN.CO.ID - Kraft Heinz, perusahaan AS di balik produk-produk dapur utama seperti keju Philadelphia dan saus tomat Heinz, telah mengumumkan rencana untuk memisahkan diri menjadi dua perusahaan independen. Hal ini diumumkan satu dekade setelah perusahaan didirikan melalui merger besar-besaran.
The Guardian melaporkan, grup makanan kemasan yang berbasis di Chicago ini mengatakan akan memisahkan diri menjadi dua perusahaan publik melalui spin-off bebas pajak untuk mengurangi kompleksitas dan meningkatkan kinerja keuangan setelah bertahun-tahun mengalami penurunan penjualan.
Pemisahan ini akan membatalkan merger Kraft dan Heinz pada tahun 2015, yang direkayasa oleh investor veteran AS Warren Buffett dan perusahaan ekuitas swasta Brasil, 3G Capital, yang menciptakan perusahaan multinasional senilai US$ 45 miliar dua tahun setelah keduanya memprivatisasi Heinz.
Nama kedua perusahaan baru ini belum ditentukan.
Salah satunya – yang sementara ini disebut Global Taste Elevation Co – akan berfokus terutama pada saus, olesan, dan bumbu, dengan merek-merek seperti Heinz, Philadelphia, dan Kraft Mac & Cheese, yang menghasilkan penjualan tahunan lebih dari US$ 15 miliar, berdasarkan data tahun 2024. Kraft Heinz sedang mencari seorang CEO untuk bisnis baru ini.
Baca Juga: Berkshire Hathaway Mencatat Nilai Saham Kraft Heinz Turun US$ 3,8 Miliar
Satu lagi, yang kini dikenal sebagai North American Grocery Co dan dipimpin oleh CEO Kraft Heinz, Carlos Abrams-Rivera, akan berfokus pada bahan makanan pokok seperti daging Oscar Mayer, makanan kotak Lunchables, dan keju olahan Kraft Singles, dan akan memiliki penjualan tahunan lebih dari US$ 10 miliar.
Miguel Patricio, ketua eksekutif Kraft Heinz, mengatakan: “Merek-merek Kraft Heinz memang ikonik dan dicintai, tetapi kompleksitas struktur kami saat ini menyulitkan kami untuk mengalokasikan modal secara efektif, memprioritaskan inisiatif, dan mendorong skalabilitas di area-area kami yang paling menjanjikan.”
Heinz didirikan oleh Henry J. Heinz di Pittsburgh pada tahun 1869 untuk berspesialisasi dalam saus dan bumbu. Kraft tumbuh dari bisnis pengiriman keju grosir yang didirikan di Chicago oleh James L. Kraft pada tahun 1903.
Tiga tahun sebelum merger, Kraft memisahkan divisi makanan ringannya, yang kemudian berganti nama menjadi Mondelez International.
Baca Juga: Kraft Heinz Jajaki Pemisahan Bisnis Bahan Makanan senilai US$20 miliar