kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Krisis, warga AS & Eropa gadai anggur demi uang


Jumat, 24 Februari 2012 / 14:11 WIB
Krisis, warga AS & Eropa gadai anggur demi uang
ILUSTRASI. Pengunjung melintas keluar gerai Pizza Hut di Jakarta. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/pd/16


Reporter: Dyah Megasari, Reuters |

NEW YORK. Krisis keuangan yang membelit dua benua besar yaitu Eropa dan Amerika Serikat (AS) terbukti membuka banyak jalan untuk menemukan uang. Jika selama ini masyarakat menganggap sesuatu yang lazim digadaikan adalah aset seperti rumah dan emas, di Amerika dan Eropa beberapa rumah gadai menerima anggur sebagai jaminan atas pinjaman yang diajukan.

Perusahaan gadai ini berharap, semakin banyaknya pilihan agunan ini memudahkan masyarakat untuk memperoleh dollar untuk membuka usaha.

"Anda akan terpana mengetahui banyak orang kaya di sini yang memiliki kualitas kredit sangat buruk," jelas Jordan Tabach Bank, kepala Beverly Loan Co di Beverly Hills, California.

Apalagi di saat yang serba terjepit seperti saat ini, mengajukan kredit ke bank membutuhkan waktu yang cukup lama. "Bisa memakan mingguan bahkan bulanan. Tak mungkin kredit tersebut akan selesai dalam waktu sehari," jelasnya.

Sejak krisis, pegadaian mulai meminjamkan dananya dengan jaminan anggur kepada hedge fund, manajer, bankir, pengacara, dokter dan bahkan para pemenang piala Oscar.

"Sebagian masyarakat beranggapan, pegadaian menjadi situs yang menyedihkan. Tapi hal tersebut tak terjadi di sini," ungkap Tabach-Bank. Mereka yang datang ke pegadaian adalah pengusaha yang terdesak keuangan namun memiliki peluang bisnis.

Ratusan botol anggur

USGoldBuyers.com, pemilik rumah gadai online di New York, menjadi salah satu rumah gadai yang menerima anggur berkualitas. "Orang kaya tidak selalu memiliki aset yang likuid. Di celah inilah kami masuk," beber juru bicara Jose Caba.

Ia memperkirakan sekitar 90% pinjaman yang disalurkan sudah lunas. Meskipun suku bunga yang dipatok dan tenor utang tersebut bervariasi.

Kondisi yang sama terjadi di Inggris. borro.com baru-baru ini mengalirkan pinjaman senilai US$ 120.000 dengan aset agunan 128 botol Chateau d'Yquem, yang memiliki nilai estimasi US$ 250.000.

Kepala Eksekutif borro.com Paulus Aitken memaparkan, dalam tiga minggu terakhir, borro.com telah menerima Chateau Petrus yang dibuat tahun 1989 senilai US$ 38.000, untuk pinjaman sebesar $ 24.000.

Lima anggur lain yang bisa diterima jika mendapat jaminan vintage dari First Growths Bordeaux adalah Chateau Haut-Brion, Chateau Lafite-Rothschild, Chateau Haut-Brion, Chateau Margaux dan Chateau Mouton Rothschild. Lima anggur tersebut terkenal bisa dilelang dengan harga puluhan ribu dollar.

Rumah gadai asal Inggris, Prime Asset Loans yang berbasis di Durham memiliki daftar khusus anggur mana saja yang bisa menjadi jaminan.

Di antaranya adalah First Growth Bordeaux, Burgundy's Domaine de la Romanee-Conti dan Penfolds Grange.

"Kami meminjamkan dana 70% dari nilai anggur dan jangka waktu pinjaman biasanya tujuh bulan," Richard Mews, dari Prime Asset Loans. Menurutnya, pinjaman dengan jaminan anggur ini memiliki proses yang cepat, mudah dan menariknya tidak dikenai biaya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×