kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45823,04   -9,71   -1.17%
  • EMAS948.000 -0,52%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Kuartal III, tingkat sewa kantor di Singapura mengalami penurunan terdalam 11 tahun


Jumat, 23 Oktober 2020 / 11:29 WIB
Kuartal III, tingkat sewa kantor di Singapura mengalami penurunan terdalam 11 tahun
ILUSTRASI. A cleaner rides past the skyline in a vacuum sweeper vehicle in Singapore March 5, 2019. Picture taken March 5, 2019. REUTERS/Edgar Su

Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Tingkat sewa perkantoran di Singapura mengalami penurunan paling tajam dalam 11 tahun pada kuartal ketiga. Pandemi Covid-19 telah menghantam permintaan sewa guna usaha untuk real estat komersial di pusat bisnis regional.

Melansir Reuters, Jumat (23/10), data dari Urban Redevelopment Authority menunjukkan permintaan sewa untuk ruang kantor turun 4,5% pada Juli-September. Ini merupakan penurunan kuartalan terbesar sejak periode April-Juni 2009, ketika harga sewa turun 7,7%.

Singapura yang menghadapi resesi terdalam akibat pandemi, telah menerapkan langkah-langkah karantina wilayah (penguncian) pada awal tahun ini dan telah mendorong pekerja kantoran untuk bekerja dari rumah, meskipun beberapa aturan mereda ketika kasus virus corona menurun.

"Pasar perkantoran dapat terus menghadapi hambatan yang signifikan dalam beberapa kuartal berikutnya," kata Christine Li dari konsultan real estate Cushman & Wakefield.

Baca Juga: Robert Kuok, bos hotel Shangri-La yang jadi orang terkaya di Malaysia

Namun, pasar sewa perkantoran Singapura akan mendapat manfaat dari rencana ekspansi perusahaan seperti pemilik TikTok ByteDance dan raksasa game Tencent Holdings Ltd, tambahnya.

Meskipun kemerosotan ekonomi yang lebih luas, pasar rumah pribadi Singapura telah bertahan dan harga naik 0,8% pada kuartal ketiga, tidak berubah dari data sebelumnya. Justru lebih tinggi 0,3% dari kuartal kedua.

Data pekan lalu menunjukkan penjualan rumah pribadi di Singapura naik ke level tertinggi lebih dari dua tahun pada September, dengan analis mengutip suku bunga rendah dan tanda-tanda ekonomi negara kota itu pulih dari tekanan virus corona.


Tag


TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×