Sumber: Bloomberg | Editor: Dessy Rosalina
BEIJING. Meski dihimpit persaingan ketat di industri gadget, Lenovo Group Ltd berhasil mencetak kinerja kinclong. Per Maret 2014, laba bersih Lenovo melejit 25% menjadi sebesar US$ 158,3 juta dari periode sama tahun sebelumnya US$ 126,9 juta.
Perolehan laba Lenovo juga melampaui estimasi analis Bloomberg yang dipatok US$ 163,6 juta. Kenaikan laba itu ditopang penjualan yang tumbuh 20% menjadi US$ 9,4 miliar. Maklum, produsen teknologi asal China ini memperbesar pangsa pasar komputer personal (PC) dan ponsel pintar (smartphone).
Mengutip riset Gartner Inc, Lenovo merajai pasar PC dunia dengan pangsa pasar 17%. Di pasar smartphone, pangsa pasar Lenovo naik dari 3,6% menjadi 4,6%. Lenovo di peringkat keempat, membuntuti Huawei Technologies.
Di pasar smartphone, Lenovo mengakuisisi Motorola Mobility seharga US$ 2,9 miliar dengan harapan penjualan tumbuh tiga kali lipat. Lenovo menambah 20 pasar baru hingga ke Afrika.