kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laba Operasi Samsung Naik 10 Kali Lipat di Kuartal I Tahun Ini


Sabtu, 06 April 2024 / 03:20 WIB
Laba Operasi Samsung Naik 10 Kali Lipat di Kuartal I Tahun Ini
ILUSTRASI. Samsung


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Samsung Electronics memperkirakan laba operasional di kuartal I tahun ini akan naik lebih dari 10 kali lipat. Kenaikan laba Samsung didorong rebound harga semikonduktor. 

Pendapatan segmen semikonduktor Samsung mulai meningkat setelah jatuh ke level terendah pada tahun lalu. Sebabnya, permintaan cip turun cukup parah. 

Produsen cip memori dan TV terbesar di dunia ini memperkirakan laba operasionalnya pada kuartal yang berakhir di 31 Maret meningkat lebih baik dari perkiraan, mencapai 6,6 triliun won, setara Rp 77,48 triliun.

Baca Juga: Samsung A25 5G: Harga dan Spesifikasi Terbaru April 2024

Menilik laporan awal pendapatan yang disampaikan Samsung kemarin, seperti dikutip Reuters, angka tersebut naik 931% dari realisasi di tahun sebelumnya, yakni 640 miliar won. Laba operasi Samsung kali ini jadi yang tertinggi sejak kuartal III-2022.

Perkiraan laba operasional yang diungkap Samsung lebih tinggi dibanding konsensus proyeksi analis, yang memperkirakan laba operasional mencapai 5,7 triliun won. 

Tapi pendapatan Samsung di bawah ekspektasi. Samsung memperkirakan, pendapatan naik 11% dari periode yang sama tahun sebelumnya menjadi 71 triliun won. Proyeksi analis, pendapatan bisa mencapai 72,3 triliun won.

Park Sung-soon, Analis Korea Investor Relations Services, mengatakan, permintaan NAND telah meningkat. Kondisi ini meningkatkan margin. 

"Respons awal terhadap ponsel pintar Galaxy S24 juga positif, karena adanya AI pada perangkat. Segmen ponsel pintar premium menghasilkan margin tinggi dan terjual cukup besar dibanding perkiraan," kata Park. 

Selama kuartal pertama lalu, harga cip DRAM naik sekitar 20% dibandingkan realisasi harga kuartal sebelumnya. Sementara harga cip flash NAND meningkat sebesar 23% hingga 28%, menurut penyedia data TrendForce.

Baca Juga: Valuasi Saham Xiaomi Melejit Usai Peluncuran Mobil Listrik

Gempa bumi di Taiwan juga bisa memperketat pasokan semikonduktor dan bisa menaikkan harga serta margin bagi Samsung pada kuartal kedua tahun ini.
 




TERBARU

[X]
×