kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.405   0,00   0,00%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

"Ladang puing" Ditemukan di Lokasi Kapal Selam Wisata Bangkai Kapal Titanic


Kamis, 22 Juni 2023 / 23:33 WIB
ILUSTRASI. The Titan submersible, operated by OceanGate Expeditions to explore the wreckage of the sunken SS Titanic off the coast of Newfoundland, dives in an undated photograph. OceanGate Expeditions/Handout via REUTERS


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

"Ladang puing" ditemukan di lokasi kapal selam wisata bangkai kapal Titanic - Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) mengumumkan penemuan "ladang puing" di dalam area pencarian kapal selam wisata bangkai Titanic yang hilang.

Dalam konferensi pers yang diadakan oleh Penjaga Pantai AS yang dijadwal,an berlangsung pada pukul 15:00 waktu setempat (20:00 waktu Inggris) guna membagikan temuan terbaru dari operasi pencarian kapal kapal selam wisata bangkai Titanic.

Penemuan tersebut terjadi ketika kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) menemukan bidang puing di dalam area pencarian, berdekatan dengan bangkai kapal Titanic. Menurut pernyataan dari Penjaga Pantai, para ahli di komando terpadu saat ini sedang mengevaluasi informasi tersebut.

Pada hari Kamis, Explorers Club, sebuah organisasi berbasis di New York yang termasuk dua penumpang yang hilang dalam anggotanya, mengumumkan bahwa mereka menggunakan kendaraan yang dapat mencapai kedalaman 6.000 meter (sekitar 19.700 kaki) di bawah permukaan laut sedang dalam perjalanan untuk bergabung dalam pencarian kapal selam Titan yang hilang di Atlantik Utara.

Baca Juga: Kapal Selam Wisata Bangkai Titanic Belum Ditemukan, Tim Pencari : Ada Suara Bising

Kendaraan ini dimiliki oleh Magellan, sebuah perusahaan pemetaan dasar laut dalam, dan saat ini sedang diangkut dari Inggris menuju St. John's, Newfoundland, di mana diperkirakan akan tiba menjelang sore waktu setempat pada Kamis.

Dua kendaraan lain yang dikendalikan dari jarak jauh telah berada di lokasi pencarian di sekitar reruntuhan Titanic. Kapal selam Titan sedang dalam perjalanan menuju bangkai kapal ketika menghilang pada hari Minggu.

Menurut pernyataan Richard Garriott de Cayeux, Presiden Klub Penjelajah, kendaraan Magellan telah mengunjungi reruntuhan Titanic dengan lebih sering dibandingkan kendaraan lainnya dan telah memetakan situs tersebut, termasuk puing-puing di sekitarnya.

Baca Juga: Berkejaran dengan Waktu, Oksigen Kapal Selam Wisata Titanic Bakal Habis Kamis Pagi

Kendaraan ini dilengkapi dengan lengan manipulator yang memungkinkannya untuk memasang kabel pengangkat langsung ke kapal selam, dan Garriott de Cayeux mengatakan bahwa kemungkinan kendaraan ini akan menjadi sangat berharga untuk upaya pencarian dan penyelamatan yang sedang berlangsung. Namun, hingga saat ini, Magellan belum memberikan komentar terkait temuan terbaru ini.

Tuan Garriott de Cayeux juga menyatakan bahwa anggota klub yang memiliki pengalaman menyelam ke kedalaman yang sama memahami kondisi yang mungkin dihadapi oleh penumpang di dalam kapal selam Titan. 

"Meskipun persediaan pendukung kehidupan telah direncanakan habis, kami percaya bahwa konservasi kru dan suhu yang mendekati titik beku dapat memperpanjang masa bertahan penumpang untuk beberapa waktu, dan kru menyadari hal ini," ujar Garriott de Cayeux dalam pernyataannya.

"Dalam situasi yang sangat sulit ini, kita semua dapat bersyukur dan berharap karena para ahli terbaik sedang bekerja keras," tambah Garriott de Cayeux.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×