kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lagarde mengundurkan diri, bursa pemilihan calon direktur IMF dimulai


Rabu, 17 Juli 2019 / 09:30 WIB
Lagarde mengundurkan diri, bursa pemilihan calon direktur IMF dimulai


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Direktur Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde mengundurkan diri dari jabatannya pada Selasa (16/7), menyusul pencalonannya sebagai Presiden Bank Sentral Eropa (European Central Bank).

Mengutip Reuters, dalam sebuah pernyataan Lagarde mengungkapkan bahwa pengunduran dirinya efektif pada 12 September dan menjadi bekal bagi IMF untuk mencari penggantinya.

"Dengan kejelasan tentang proses pencalonan saya sebagai Presiden ECB, saya teah membuat keputusan ini demi kepentingan IMF," ujar Lagarde dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Reuters.

Dia mengatakan, pengunduran dirinya akan mempercepat pemilihan Direktur IMF untuk masa jabatan berikutnya.

Suksesi IMF diharapkan menjadi topik utama diskusi antar menteri keuangan negara-negara anggota G7 dan pertemuan gubernur bank sentral pada Rabu dan Kamis di Chantilly Prancis di tengah kekhawatiran melambatnya pertumbuhan ekonomi global dan konflik perdagangan yang rentan menekan ekonomi.

Pengunduran diri Lagarde pertama kali dilaporkan oleh Reuters, dua pekan setelah pencalonannya sebagai presiden ECB pada 2 Juli lalu. Sumber Reuters mengatakan, Lagarde tak segera memutuskan untuk mengundurkan diri dari IMF lantaran ketidakpastian apakah parlemen Eropa yang baru akan mendukungnya dan posisi kepemimpinan baru Uni Eropa lainnya.

Di sela-sela pertemuan G7, Gubernur Bank of England Mark Carney disebut sebagai kandidat utama untuk menggantikan Lagarde, dan dijadwalkan untuk bertemu dengan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin yang memiliki pengaruh kuat atas kepemimpinan IMF.

Amerika Serikat memiliki hak veto yang efektif atas keputusan-keputusan utama IMF dengan porsi suara sebesar 16,52%.

Sementara Carney adalah seorang ekonom Kanada yang memegang paspor Irlandia dan Inggris dan telah memimpin bank sentral Inggris sejak tahun 2013, mengetuai Financial Stability Board selama tujuh tahun.

Naman-nama lain yang beredar adalah Gubernur Bank Finlandia Olli Rehn serta anggota dewan eksekutif ECB Benoit Coeure.




TERBARU

[X]
×