kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lagi, Chrysler menarik 10.700 unit


Sabtu, 07 Juni 2014 / 11:01 WIB
Lagi, Chrysler menarik 10.700 unit
ILUSTRASI. Moms Wajib Tahu Nih! Ini Sederet Manfaat Wortel untuk MPASI Anak


Sumber: Reuters | Editor: Sanny Cicilia

DETROIT. Tak ingin bermain-main dengan keselamatan, Chrysler Group menarik kembali alias recall 10.700 unit kendaraan jenis Sport Utility Vehicle (SUV). Penarikan itu lantaran perusahaan menemukan adanya kerusakan pada sistem cruise control.

Adapun kendaraan yang ditarik adalah merek Dodge Durangos, Jeep Cherokees, Grand Cherokees dan Grand Cherokee SRT yang dirakit antara tanggal 16 Januari 2014 hingga 17 April 2014.

Sebanyak 6.100 unit kendaraan di Amerika Serikat akan ditarik oleh Chrysler. Kemudian sebanyak 950 unit kendaraan di Kanada juga akan ikut di  -  recall. Di   Meksiko, Chrysler juga akan menarik 425 unit. Sisanya sebanyak 3.200 unit di luar wilayah negara-negara yang tergabung di dalam wilayah regional North American Free Trade Agreement (NAFTA).

Fitur cruise control adalah sistem elektrik yang berfungsi untuk menjaga kecepatan kendaraan secara konstan. Teknologi ini membantu pengemudi menjaga kecepatan kendaraan tanpa harus menginjak pedal gas saat berkendara jarak jauh. Aktivasi sistem cruise control dibatalkan jika pengemudi menginjak pedal rem atau pedal gas.

Perusahaan menemukan, cruise control pada beberapa model mobil tak bisa berjalan maksimal sehingga perlu perbaikan. Kesalahan sistem terjadi saat pengemudi mulai menekan pedal gas. Kendaraan masih bisa melaju untuk waktu satu detik. "Bahkan untuk kendaraan dengan performa tinggi bisa berlangsung dua menit sebelum perlambatan dimulai," ujar perusahaan seperti yang dikutip dari Reuters

Sampai saat ini, kerusakan sistem cruise control tersebut belum menyebabkan terjadinya kecelakaan. Walaupun begitu, Chrysler bertanggung jawab penuh untuk memperbaiki tanpa mengenakan biaya. Diler Chrysler akan memeriksa semua komponen listrik apakah ada tanda-tanda korosi dan melihat apakah ada komponen yang harus diganti. 

Dalam penyelidikan NHTSA 

Ini adalah kali keduanya Chrsyler melakukan recall kendaraan dalam waktu enam bulan pertama tahun ini. Sebelumnya, pada bulan April 2014, Chrysler juga mengumumkan untuk menarik 867.795 unit Jeep Grand Cherooke dan mobil sport Dodge Durang karena ditemukan cacat pada sistem pengereman mobil.

Penarikan kendaraan tersebut dilakukan terhadap semua unit mobil yang dibuat antara tahun 2011 sampai 2014.  

Saat ini, Chrsyler sedang dalam penyelidikan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atas penarikan kembali 744.822 SUV di Amerika Serikat pada tahun 2012.

Pasalnya, meski Chrsyler sudah melakukan perbaikan, terdapat enam konsumen yang masih mengeluhkan soal airbag.  Para pemilik mobil tersebut khawatir kantong udara terlalu sensitif sehingga akan terbuka dengan sendirinya yang bisa menyebabkan pengemudi kehilangan kendali sehingga terjadi kecelakaan.




TERBARU

[X]
×