kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Lancarkan rencana akuisisi, Xerox tawar HP sebesar US$ 33 miliar


Kamis, 07 November 2019 / 18:16 WIB

Lancarkan rencana akuisisi, Xerox tawar HP sebesar US$ 33 miliar
ILUSTRASI. Xerox Holdings Corp dilaporkan telah melakukan penawaran untuk mengakuisisi perusahaan perakitan komputer HP Inc. REUTERS/Vasily Fedosenko/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD PACKAGE - SEARCH BUSINESS WEEK AHEAD 30 JANUARY FOR ALL IMAGES

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Xerox Holdings Corp dilaporkan Reuters, Rabu (6/11) telah melakukan penawaran untuk mengakuisisi perusahaan perakitan komputer HP Inc yang nilai valuasinya tiga kali lipat dari Xerox. Sumber Reuters menyatakan nilai yang diajukan Xerox dalam penawaran mencapai US$ 33 miliar.

HP mengonfirmasi telah menerima tawaran dari Xerox meskipun menolak membeberkan berapa nilai penawarannya. “Kami akan menilai sejumlah penawaran dari waktu ke waktu, dan melihatnya agar sesuai dengan kepentingan para pemegang saham kami,” tulis HP dalam pernyataan resminya.

Baca Juga: BUMN China berburu saham perdana Saudi Aramco

Sumber Reuters mengatakan harga Xerox bakal menawar harga saham HP antara US$ 22 hingga US$ 23 yang dibayar tunai maupun via saham. Guna mendukung pendanaan ini, sumber Reuters juga menyatakan Xerox bakal menerima bantuan pendanaan dari Citigroup Inc. Sayangnya, kedua pihak enggan memberikan tanggapan terkait.

Hasil akuisisi diprediksi Xerox akan dapat menghemat biaya tahunan perusahaan hingga US$ 2 miliar dengan menciptakan integrasi pasokan kebutuhan kantor. Sumber Reuters juga menambahkan HP bakal memberikan jawaban atas penawaran Xerox dalam beberapa hari mendatang.

Dalam penutupan perdagangan, Rabu (6/11), harga saham HP sendiri tercatat meningkat 6,4% menjadi US% 19,57 per saham. Sedangkan harga saham Xerox tercatat meningkat 3,6% menjadi US$ 37,66 yang menjadikan nilai valuasi perseroan menjadi US$ 8,3 miliar.

Sejumlah analis menilai rencana aksi Xerox tersebut bakal mendongkrak pasar percetakan yang stagnan. Meskipun tak berarti aksi Xerox dinilai bakal berjalan mulus, mengingat model penawaran dan harga yang ditawarkan.

“Kami mempertanyaan kemampuan Xerox untuk membiayai transaksi sebesar itu, dan potensi tumpang tindih lini bisnis yang akan dihadapi kedua perusahaan,” kata Wells Fargo.

Baca Juga: Kini, turis asing di China bisa menggunakan platform Alipay dan WeChat

Xerox tahun lalu diketahui gagal menyepakati kesepakatan dengan Fujifilm senilai US$ 6,1 miliar di bawah tekanan dua investor besarnya yakni Carl Icahn, dan Darwin Deason yang kemudian mencopot dewa direksi perusahaan.

Aksi Icahn dan Darwn yang meminta perusahaan kecil untuk mengakuisisi perusahaan yang jauh lebih besar sejatinya bukan baru pertama kali terjadi. Juni 2019 lalu, operator kasino Eldorado Resorts Inc juga berhasil diarahkan untuk mengakuisisi Caesars Enterteaintment Corp senilai US$ 17,3 miliar. Icahn kemudian berhasil menduduki kursi dewan direksi.

Sementara buat HP, aksi ini sebenarnya dinilai bisa kembali mengangkat bisnis perseroan. Maklum, hingga kuartal III-2019 lini bisnis percetakan HP anjlok 5% (yoy). HP juga telah mengumumkan program efisiensi senilai lebih dari US$ 1 miliar yang bakal berpotensi memangkas 16% atau setara 9.000 pekerjanya.


Reporter: Anggar Septiadi
Editor: Tendi

Video Pilihan


Close [X]
×