kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lapangan Kerja AS Pada Desember Lebih Tinggi dari Perkiraan, Upah Naik Signifikan


Jumat, 05 Januari 2024 / 21:04 WIB
Lapangan Kerja AS Pada Desember Lebih Tinggi dari Perkiraan, Upah Naik Signifikan
ILUSTRASI. Pertumbuhan lapangan kerja Amerika Serikat (AS) tumbuh lebih besar dari perkiraan pada Desember 2023. REUTERS/Brian Snyder


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pertumbuhan lapangan kerja Amerika Serikat (AS) tumbuh lebih besar dari perkiraan pada Desember, seiring kenaikan upah yang lebih cepat. Kondisi ini menimbulkan keraguan terhadap ekspektasi pasar keuangan bahwa Federal Reserve akan mulai memotong suku bunga pada Maret.

Mengutip Reuters, Jumat (5/1), data Biro Statistik Tenaga Kerja Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan, nonfarm payrolls meningkat sebesar 216.000 pekerjaan pada Desember 2023. Sedangkan data November 2023 direvisi menjadi 173.000 pekerjaan, lebih rendah dari 199.000 pekerjaan seperti yang dilaporkan sebelumnya.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan jumlah pekerjaan meningkat sebanyak 170.000 pekerjaan. 

Baca Juga: Wall Street Mixed, S&P dan Nasdaq Memperpanjang Penurunan Awal Tahun

Perekonomian AS menambah 2,7 juta lapangan pekerjaan pada tahun 2023, penurunan tajam dari 4,8 juta lapangan kerja yang diciptakan pada tahun 2022. 

Hal ini mencerminkan menurunnya permintaan tenaga kerja dan perekonomian yang lebih luas setelah kenaikan suku bunga bank sentral AS sebesar 525 basis poin sejak bulan Maret 2022.

Data tersebut menunjukkan bahwa perekonomian terhindar dari resesi pada tahun lalu dan kemungkinan akan terus tumbuh hingga tahun 2024 karena ketahanan pasar tenaga kerja mendukung belanja konsumen. 

Diperlukan sekitar 100.000 pekerjaan per bulan untuk mengimbangi pertumbuhan populasi usia kerja.

Tingkat pengangguran tetap pada level 3,7%. Telah terjadi masuknya orang ke dalam angkatan kerja, beberapa di antaranya terkait dengan peningkatan imigrasi. Tingkat pengangguran meningkat dari level terendah dalam lima dekade yang sebesar 3,4% pada bulan April.

Meskipun jumlah tenaga kerja bertambah, inflasi upah tetap tinggi.

Penghasilan rata-rata per jam naik 0,4% di bulan Desember setelah naik 0,4% di bulan sebelumnya. Hal ini meningkatkan kenaikan upah tahun-ke-tahun menjadi 4,1% dari 4,0% pada bulan November.

Namun bahaya mungkin mengintai di bawah pasar tenaga kerja yang tampaknya tangguh. Pertumbuhan lapangan kerja dalam beberapa bulan terakhir sebagian besar terkonsentrasi di beberapa sektor, termasuk rekreasi dan perhotelan serta layanan kesehatan.

Perekrutan tenaga kerja oleh pemerintah ketika pemerintah negara bagian dan lokal berupaya mengembalikan staf pendidikan ke tingkat sebelum pandemi juga telah mendorong perolehan lapangan kerja. 

Beberapa ekonom mengatakan hal ini menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja tidak sekuat angka yang diperkirakan. Meskipun demikian, sebagian besar negara tidak memperkirakan resesi tahun ini, melainkan pertumbuhan yang lesu.

Baca Juga: Nasdaq Jatuh untuk Hari Kelima, Wall Street Berjuang Bangkit pada Awal Tahun 2024

Namun, ekonom Goldman Sachs Manuel Abecasis, tidak terlalu khawatir. Ia mencatat bahwa tiga industri yang mendominasi perekrutan tenaga kerja menyumbang 40% lapangan kerja.

“Industri yang menyumbang 70% dari total lapangan kerja terus menambah lapangan kerja,” kata Abecasis. 

“Ke depan, kami memperkirakan total permintaan tenaga kerja akan terus menurun secara bertahap namun jumlah perekrutan agak melebar.”

The Fed mempertahankan suku bunga kebijakannya tetap stabil pada kisaran 5,25%-5,50% pada bulan lalu dan para pembuat kebijakan memberi isyarat dalam proyeksi ekonomi baru bahwa pengetatan kebijakan moneter bersejarah yang direkayasa selama dua tahun terakhir telah berakhir dan penurunan suku bunga akan terjadi pada tahun 2024.

Dalam laporan ketenagakerjaan bulan Desember, pemerintah memasukkan revisi tahunan terhadap data survei rumah tangga yang disesuaikan secara musiman, yang merupakan sumber data tingkat pengangguran, selama lima tahun terakhir.

Revisi tersebut berdampak kecil pada tingkat pengangguran atau tingkat partisipasi angkatan kerja.




TERBARU

[X]
×