kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Liput protes anti-kudeta, militer Myanmar seret 6 jurnalis ke pengadilan


Rabu, 03 Maret 2021 / 15:21 WIB
Liput protes anti-kudeta, militer Myanmar seret 6 jurnalis ke pengadilan
ILUSTRASI. Para pengunjuk rasa berlindung saat mereka bentrok dengan petugas polisi anti-huru hara selama protes terhadap kudeta militer di Yangon, Myanmar, Minggu (28/2/2021). REUTERS/Stringer


Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - YANGON. Militer Myanmar mendakwa seorang fotografer Associated Press (AP) dan lima jurnalis lainnya atas liputan protes anti-kudeta, pengacara mereka mengatakan pada Rabu (3/2).

Fotografer AP Thein Zaw, 32 tahun, ditangkap pada Sabtu (27/2) pekan lalu, saat dia meliput demonstrasi di Kota Yangon, pusat komersial Myanmar.

Myanmar gempar sejak 1 Februari, ketika tentara menahan Aung San Suu Kyi dan para pemimpin sipil lainnya, mengakhiri eksperimen singkat negara itu dengan demokrasi dan memicu protes di mana-mana.

Pengacara Thein Zaw mengatakan, dia dan lima jurnalis Myanmar lainnya didakwa berdasarkan undang-undang karena "menyebabkan ketakutan, menyebarkan berita palsu, atau membuat marah pegawai pemerintah secara langsung atau tidak langsung".

Baca Juga: Myanmar terus bergejolak, demonstrasi menentang junta militer terus berlanjut

Junta mengubah undang-undang bulan lalu, untuk meningkatkan hukuman maksimal dari dua tahun menjadi tiga tahun penjara.

"Thein Zaw hanya melaporkan sesuai dengan undang-undang kebebasan pers, dia tidak memprotes, dia hanya melakukan pekerjaannya," kata pengacara Tin Zar Oo, seperti dikutip Channel News Asia.

Thein Zaw dan lima jurnalis lainnya ditahan di Penjara Insein di Yangon. Lima jurnalis lainnya berasal dari Myanmar Now, Myanmar Photo Agency, 7Day News, Zee Kwet Online News, dan seorang freelancer.

34 wartawan ditahan

Vice-President of International News AP Ian Philips menyerukan agar Thein Zaw segera dibebaskan.

"Jurnalis independen harus diperbolehkan memberitakan berita dengan bebas dan aman tanpa takut akan pembalasan," tegasnya. "AP mengutuk dengan tegas penahanan sewenang-wenang Thein Zaw".

Baca Juga: Menteri Luar Negeri ASEAN akan berdialog dengan junta militer Myanmar




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×