kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,69   1,09   0.11%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Luar Biasa Hemat, Warren Buffett Masih Tinggal di Rumah yang Dia Beli 65 Tahun Lalu


Senin, 06 Maret 2023 / 09:00 WIB
Luar Biasa Hemat, Warren Buffett Masih Tinggal di Rumah yang Dia Beli 65 Tahun Lalu
ILUSTRASI. Warren Buffett sudah tinggal di rumah sederhana yang sama selama 65 tahun. REUTERS/Scott Morgan


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Miliarder Warren Buffett terkenal hemat. Sebagai salah satu bukti, pria berusia 92 tahun itu sudah tinggal di rumah sederhana yang sama selama 65 tahun.

Mengutip CNBC, CEO Berkshire Hathaway masih tinggal di rumah dengan lima kamar tidur di pusat Omaha, Nebraska, yang dibelinya seharga US$ 31.500 pada tahun 1958. Jika dikalkulasikan, nilai rumah itu saat ini setara dengan US$ 329.505.

“Dia sangat otentik,” kata Becky Quick dari CNBC, yang memiliki hubungan lama dengan Buffett dan sering mewawancarainya. 

Dia menambahkan, “Keotentikan Warren Buffett benar-benar terlihat karena dia menjalani hidup seperti apa yang dia katakan.”

Buffett terus memuji manfaat kepemilikan rumah dan menyebut rumahnya sebagai investasi terbaik ketiga yang pernah dibuatnya dalam surat tahun 2010 kepada pemegang sahamnya. (Dua investasi teratasnya: cincin kawin.)

Rumah seluas 6.570 kaki persegi ini terletak di properti sudut Omaha, hanya lima menit berkendara dari kantor pusat perusahaan Berkshire Hathaway. Struktur semen asli tahun 1921 tampaknya memiliki beberapa tambahan juga. Menurut perkiraan Zillow, saat ini rumah tersebut bernilai sekitar US$ 1,2 juta.

Buffett tidak berencana menukar rumahnya di Omaha dengan yang lebih mewah dalam waktu dekat.

Baca Juga: 4 Cara Hidup Hemat ala Warren Buffett, Bisa Bikin Anda Kaya Raya

“Saya senang di sana. Saya akan pindah jika saya pikir saya akan lebih bahagia di tempat lain," katanya kepada Evan Davis dari BBC dalam "Penghasil Uang Terbesar Dunia" pada tahun 2009.

Buffett menambahkan, "Rumah ini baik-baik saja. Saya hangat di musim dingin, saya sejuk di musim panas, nyaman bagi saya. Saya tidak bisa membayangkan memiliki rumah yang lebih baik.”

Banyak kebiasaan hemat Buffett

Meskipun memiliki kekayaan sekitar US$ 106 miliar, menurut Indeks Miliarder Bloomberg, Buffett bukanlah seorang yang boros. 

Dia baru saja menukar ponsel flip US$ 20 miliknya dengan iPhone 11 pada tahun 2020, meskipun Apple adalah bisnis terbesar ketiga Berkshire Hathaway, setelah asuransi dan kereta api.

Selain itu, dia tidak pernah menghabiskan lebih dari US$ 4 untuk sarapan.

Dalam perjalanan lima menit ke kantor, Buffett biasanya membeli sarapan yang sama dari McDonald's dan memesan salah satu dari tiga item: dua roti sosis seharga US$ 2,61; sosis, telur, dan keju seharga US$ 2,95; atau bacon, telur, dan keju seharga US$ 3,17.

Baca Juga: Warren Buffett: Investor Kini Tak Tertarik Membangun Dinasti Keluarga

Dia menjelaskan bagaimana pasar saham menentukan item mana yang dia pesan dalam film dokumenter HBO tahun 2017 “Menjadi Warren Buffett”.

″US$ 3,17 adalah biskuit bacon, telur, dan keju, tetapi pasar turun pagi ini, jadi saya akan melewatkan US$ 3,17 dan memilih US$ 2,95,” katanya dalam film dokumenter tersebut.

Melansir The Motley Fool, Buffett juga tidak terlalu peduli dengan setelan desainer.

Buffett menghindari pengeluaran yang tidak perlu dan pernah berkata, “Jangan menabung apa yang tersisa setelah dibelanjakan, tetapi habiskan apa yang tersisa setelah menabung.”




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×