kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,20   -6,16   -0.66%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Makin meluas, India melaporkan kasus pertama virus corona


Kamis, 30 Januari 2020 / 20:04 WIB
Makin meluas, India melaporkan kasus pertama virus corona
ILUSTRASI. Perawat yang menggunakan pakaian pelindung berbicara dengan orang-orang di Rumahsakit Umum Daerah Yueyang, Provinsi Hunan, dekat perbatasan dengan Provinsi Hubei, yang diisolasi setelah wabah virus corona baru pecah, 28 Januari 2020.


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - BENGALURU. Penyebaran virus corona baru semakin luas. India melaporkan kasus pertama virus mematikan itu pada Kamis (30/1). Seorang wanita di Negara Bagian Kerala positif terjangkit virus corona Wuhan.

Pasien itu seorang mahasiswi India yang kuliah di Universitas Wuhan, China. Saat ini, kondisi perempuan tersebut stabil dan terisolasi di rumahsakit. Kota Wuhan di Cina Tengah merupakan pusat penyebaran virus corona baru.

"Kami telah mengirim sampel darah 20 orang dari Kerala, yang 10 kembali dengan hasil negatif. Tapi, sampel seorang mahasiswi dari Wuhan kembali dengan hasil positif," kata Menteri Kesehatan Kerala K.K. Guru Shylaja seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Melihat Wuhan yang bak kota mati dari citra satelit

Pasien itu saat ini menjalani perawatan di ruang isolasi di Distrik Thrissur. Sedang sebanyak 806 orang yang baru kembali dari China sedang dalam pengawasan di Kerala yang terletak di Selatan India.

India adalah negara terpadat kedua di dunia setelah Cina. Pemerintah India telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan semua orang yang datang dari Tiongkok melapor kepada otoritas kesehatan.

Seorang pejabat senior Pemerintah India mengatakan, membawa pulang warga negara India dari Wuhan bukan pilihan terbaik karena risiko infeksi. Tapi, sebuah pesawat dan fasilitas untuk mengkarantina mereka sudah siaga.

Baca Juga: Tolak evakuasi warga Korea dari Wuhan, pemrotes lempar telur ke menteri

Setidaknya 16 negara sudah melaporkan kasus virus corona baru, dengan 105 kasus terkonfirmasi. Namun, tidak ada kematian yang terjadi di luar China akibat virus yang sudah menewaskan 170 orang itu.




TERBARU

[X]
×