kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manchester United tebus 20% utangnya


Jumat, 17 September 2010 / 18:50 WIB
Manchester United tebus 20% utangnya


Reporter: Edy Can, Bloomberg | Editor: Edy Can

LONDON. Ini merupakan kabar gembira bagi penggemar Setan Merah. Kabarnya, pemilik Manchester United (MU) telah membeli kembali (buy back) 20% surat utangnya.

Dua orang sumber yang membisikkan kabar itu, mengatakan keluarga Glazer telah menembus utang Red Football Joint Venture Ltd. Red Football merupakan perusahaan milik keluarga Glazer yang mengotrol klub sepak bola berjudul The Red Devils tersebut.

Pembelian itu terjadi setelah harga surat utang Red Football turun sebesar 35% hingga 60% akibat krisis ekonomi global. Total surat utang yang dibeli itu diperkirakan sebesar £ 12,6 juta atau US$ 19,7 juta.

Keluarga Glazer belum berkomentar atas isu tersebut. Juru bicara Glazer tidak merespon pesan singkat dan sambungan telepon yang dikirimkan.

Seperti diketahui, Red Football mempunyai utang sebesar £ 800 juta termasuk £ 526 juta yang diterbitkan Januari lalu untuk membayar pinjaman bank. Utang itu membengkak lebih dari £ 200 juta sejak 2006 dengan tingkat bunga sebesar 14,25% per tahun. Agustus ini tingkat bunga utang itu naik menjadi 16,25% setelah rasio utang terhadap laba membengkak.

Analis menilai bunga utang itu bakal kembali mekar. "Tekanan terhadap utang akan tetap ada karena bunga sebesar 16,25% tidak signifikan," kata analis Evolution Securities, Jonathan Moore.

Dia mengatakan, keluarga Glazer harus segera menembus surat utang itu selagi memiliki kemampuan. Jika tidak, dia mengatakan akan membahayakan ekuitas mereka.

Rencananya, MU akan melaporkan laporan keuangannya bulan depan. Dari laporan keuangan ini bisa ketahuan, apakah keluarga Glazer telah memakai uang MU untuk membayar utang lainnya. Saat ini kas MU sebesar £ 120 juta.

Sebelumnya, para fans Manchester United marah besar karena keluarga Glazer mengambil alih klub sepak bola yang telah memenangi 18 gelar liga Premier Inggris dengan utang pada 2005 silam. Mereka kecewa karena utang MU kian membengkak.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×