Mantan Menlu AS Mike Pompeo Mendapat Anugerah Kehormatan Presiden Taiwan

Kamis, 03 Maret 2022 | 22:31 WIB Sumber: Reuters
Mantan Menlu AS Mike Pompeo Mendapat Anugerah Kehormatan Presiden Taiwan

ILUSTRASI. Mantan Menlu AS Mike Pompeo Mendapat Anugerah Kehormatan Presiden Taiwan


KONTAN.CO.ID - TAIPEI. Presiden Taiwan Tsai Ing-wen menganugerahkan kehormatan kepresidenan kepada mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo pada Kamis atas kontribusinya untuk meningkatkan hubungan dengan pulau itu, ketika pemerintah China mengecam rekornya sebagai "tercela".

Melansir Reuters, Kamis (3/3), China menjatuhkan sanksi pada Pompeo ketika dia meninggalkan kantor pada akhir masa kepresidenan Trump tahun lalu, marah dengan kritiknya yang berulang-ulang, terutama terhadap Partai Komunis yang berkuasa, dan dukungan untuk Taiwan yang diklaim China.

Bertemu Pompeo di kantor kepresidenan di Taipei, Tsai mengucapkan terima kasih atas dukungan lamanya untuk Taiwan. "Kunjungan dari teman baik seperti Menteri Pompeo membuktikan persahabatan Taiwan-AS yang kuat," katanya.

Baca Juga: Beijing: Taiwan Bukan Ukraina dan Akan Selalu Jadi Bagian Tak Terpisahkan dari China

Tsai menganugerahkan kepadanya Order of the Brilliant Star dengan Grand Cordon, salah satu penghargaan tertinggi Taiwan. Mantan Menteri Pertahanan AS Donald Rumsfeld adalah penerima sebelumnya.

Pompeo, yang mengenakan masker dengan bendera AS dan Taiwan terpampang di atasnya, mengatakan dia bangga dengan pencapaiannya saat menjabat untuk mencoba dan menormalkan hubungan dengan Taiwan, termasuk mengirim pejabat AS untuk berkunjung.

"Tidak provokatif untuk mengatakan bahwa seseorang menuntut kebebasan. Memang untuk menjauh dari hal-hal ini menunjukkan tidak adanya tekad," katanya.

China menjatuhkan sanksi pada Pompeo dan 27 pejabat tinggi era Trump lainnya ketika Presiden Joe Biden menjabat pada Januari 2021.

Baca Juga: Konflik Rusia-Ukraina Merembet ke Polemik Seteru China-Taiwan, Ada Seruan Kewaspadaan

Editor: Noverius Laoli

Terbaru