kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mantan Presiden AS Donald Trump Akan Hadapi Tuntutan Pidana Bersejarah


Selasa, 04 April 2023 / 13:24 WIB
Mantan Presiden AS Donald Trump Akan Hadapi Tuntutan Pidana Bersejarah
ILUSTRASI. Mantan Presiden AS Donald Trump Akan Hadapi Tuntutan Pidana Bersejarah


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  NEW YORK. Donald Trump, mantan presiden dan kandidat terdepan Partai Republik pada tahun 2024, akan menghadiri sidang di pengadilan pada hari Selasa dan didakwa secara resmi, sidik jari dan foto mugshot akan diambil pada momen yang menentukan menjelang pemilihan presiden tahun depan.

Minggu lalu, Trump didakwa menjadi presiden pertama atau mantan presiden yang menghadapi tuntutan pidana atas kasus yang melibatkan pembayaran uang suap tahun 2016 kepada bintang porno Stormy Daniels. Dia mengatakan tidak bersalah dan akan mengajukan pembelaan.

Trump akan menyerahkan diri pada hari Selasa di tengah keamanan yang ketat karena demonstrasi diharapkan mendukung dan menentangnya. Dia telah membuat gusar kaum liberal dan beberapa sekutu global, tetapi dipuji oleh banyak pemilih kerah biru dan Kristen konservatif.

Baca Juga: Trump Jadi Mantan Presiden Pertama yang Didakwa Pidana, Perpercahan di AS Kian Meluas

"Kita harus merebut kembali Negara kita dan MEMBUAT AMERIKA HEBAT LAGI!" tulis Trump di profil Truth Social-nya tak lama setelah tiba di New York dari Florida pada Senin, dan mendesak para pendukungnya untuk menyumbang untuk kampanyenya.

Sidang, di mana Trump akan mendengarkan dakwaan dan memiliki kesempatan untuk mengajukan pembelaan, direncanakan pada pukul 14.15 (1815 GMT) pada hari Selasa.

Pengacara Trump menentang videografi, fotografi, dan liputan radio, mengatakan itu akan "memperburuk suasana yang sudah hampir seperti sirkus di sekitar kasus ini", dan mengurangi martabat dan kesopanan.

Hakim Juan Merchan pada Senin malam memutuskan bahwa lima fotografer akan diterima sebelum dakwaan dimulai dan diizinkan mengambil gambar selama beberapa menit sampai mereka harus berhenti, dengan kamera diperbolehkan di lorong gedung.

Jaksa Wilayah Alvin Bragg, seorang Demokrat yang memimpin penyelidikan, akan memberikan konferensi pers pada sore hari.

Baca Juga: Selidiki Dokumen Rahasia, Pengacara Trump Muncul di Hadapan Dewan Juri

Trump akan kembali ke Florida dan menyampaikan pidato dari Mar-a-Lago pada pukul 8:15 malam pada hari Selasa (0015 GMT pada hari Rabu), kata kantornya.

Tuduhan khusus dalam dakwaan oleh dewan juri yang diadakan akan diungkapkan pada hari Selasa. Trump dan sekutunya menggambarkan tuduhan itu bermotivasi politik.

Yahoo News pada Senin malam mengatakan Trump akan menghadapi 34 tuduhan kejahatan karena pemalsuan catatan bisnis. Mengutip satu sumber yang diberi pengarahan tentang prosedur dakwaan hari Selasa, Yahoo mengatakan tidak ada tuduhan terhadap Trump yang merupakan pelanggaran ringan.




TERBARU

[X]
×