kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,59   -6,76   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Media Jepang: Shinzo Abe Tertembak di Dada Sisi Kiri dan Leher


Jumat, 08 Juli 2022 / 11:29 WIB
Media Jepang: Shinzo Abe Tertembak di Dada Sisi Kiri dan Leher
ILUSTRASI. Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tertembak saat melakukan kampanye di kota Nara


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe ditembak saat melakukan kampanye di kota Nara. Mengutip NHK, Abe tampaknya ditembak dari belakang oleh seorang pria dengan senapan.

Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno mengatakan, dia belum mengetahui kondisi terkini dari Abe setelah penembakan tersebut. Kantor berita Kyodo dan NHK mengatakan,  Abe yang kini berusia 67 tahun juga mengalami serangan jantung saat dibawa ke rumah sakit.

Abe yang melakukan kampanye untuk pemilihan majelis tinggi hari Minggu di luar stasiun kereta api kota Nara.

Seorang reporter NHK di tempat kejadian mengatakan mereka bisa mendengar, setidaknya dua ledakan berturut-turut selama pidato Abe.

Matsuno, mengatakan pada briefing bahwa Abe telah ditembak sekitar pukul 11:30 (02.30 GMT). Dia menambahkan, "tindakan kebiadaban seperti itu tidak dapat ditoleransi."

TBS Television melaporkan, bahwa Abe telah ditembak di sisi kiri dadanya dan tampaknya juga mengenai bagian leher.

Baca Juga: Mantan Pendana Menteri Jepang Shinzo Abe Ditembak

Sekedar mengingatkan, Abe menjabat dua periode sebagai perdana menteri dan menjadi perdana menteri terlama di Jepang sebelum mengundurkan diri pada tahun 2020 dengan alasan kesehatan yang buruk.

Namun dia tetap memimpin partai berkuasa saat ini, Partai Demokrat Liberal (LDP), dan mengendalikan salah satu faksi utamanya.

Anak didiknya, Perdana Menteri Fumio Kishida, mengikuti pemilihan majelis tinggi pada hari Minggu dengan harapan, kata para analis, untuk keluar dari bayang-bayang Abe dan menentukan jabatan perdana menterinya.

Kishida menangguhkan kampanye pemilihannya setelah penembakan Abe dan kembali ke Tokyo, media melaporkan.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Jepang, Rahm Emanuel, mengatakan dia sedih dan terkejut dengan penembakan seorang pemimpin yang luar biasa dan sekutu yang tak tergoyahkan. Pemerintah AS dan orang-orang berdoa untuk kesejahteraan Abe, katanya.

Abe telah terkenal karena kebijakan "Abenomics" dengan khasnya yang menampilkan pelonggaran moneter dan pengeluaran fiskal yang berani.

Abe juga mendukung pengeluaran pertahanan setelah bertahun-tahun mengalami penurunan dan memperluas kemampuan militer untuk memproyeksikan kekuatan di luar negeri.

Dalam perubahan bersejarah pada tahun 2014, pemerintahnya menafsirkan kembali konstitusi pasifis pascaperang untuk memungkinkan pasukan berperang di luar negeri untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia Kedua.

Baca Juga: Angkatan Laut Inggris Menyita Rudal Canggih Iran yang Diselundupkan ke Yaman

Tahun berikutnya, undang-undang mengakhiri larangan menggunakan hak pembelaan diri kolektif, atau membela negara sahabat yang diserang.

Abe, bagaimanapun, tidak mencapai tujuan lama merevisi rancangan konstitusi AS dengan menulis Pasukan Bela Diri, sebagai militer Jepang dikenal, ke dalam Pasal 9 pasifis.

Dia berperan penting dalam memenangkan Olimpiade 2020 untuk Tokyo, menghargai keinginan untuk memimpin Olimpiade, yang ditunda satu tahun hingga 2021 karena pandemi COVID-19.

Abe pertama kali menjabat pada 2006 sebagai perdana menteri termuda Jepang sejak Perang Dunia Kedua. Setelah setahun diganggu oleh skandal politik, kemarahan pemilih karena kehilangan catatan pensiun, dan kekalahan pemilihan untuk partai yang berkuasa, Abe berhenti dengan alasan kesehatan yang buruk.

Dia menjadi perdana menteri lagi pada tahun 2012.

Abe berasal dari keluarga politik kaya, di mana sang ayah pernah menjabat sebagai menteri luar negeri dan paman buyut Abe menjabat sebagai perdana menteri.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×