kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Memanas lagi, 10 pesawat tempur China masuki zona pertahanan Taiwan


Senin, 05 April 2021 / 21:22 WIB
Memanas lagi, 10 pesawat tempur China masuki zona pertahanan Taiwan
ILUSTRASI. Pembom H-6 Angkatan Udara China terbang dekat jet tempur F-16 Taiwan pada foto selebaran 10 Februari 2020 ini yang disediakan oleh Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan.


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - TAIPEI. Kementerian Pertahanan Taiwan pada Senin (5 April) melaporkan serangan baru oleh Angkatan Udara China ke zona identifikasi pertahanan udara mereka, yang terdiri dari delapan jet tempur dan dua pesawat militer lainnya.

Pesawat militer China juga terbang melalui Selat Bashi yang strategis.

Taiwan selama beberapa bulan terakhir melaporkan tentang misi berulang oleh Angkatan Udara China di dekat wilayah mereka, yang terkonsentrasi di bagian Barat Daya dari zona pertahanan udaranya dekat Kepulauan Pratas yang dikuasai Taiwan.

Akhir bulan lalu, Taiwan menyebutkan, 20 pesawat militer China memasuki zona pertahanan udaranya, yang terbanyak sejauh ini.

Baca Juga: Taiwan tuding China curi kekayaan intelektual negara lain untuk tingkatkan kekuatan

Dalam insiden terbaru, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, empat jet tempur J-16 dan empat jet tempur J-10 serta sebuah pesawat peringatan dini dan pesawat anti-kapal selam China masuk zona pertahanan udara mereka.

Pesawat peringatan dini dan pesawat anti-kapal selam China terbang ke Selatan Taiwan melalui Selat Bashi, yang menghubungkan Samudra Pasifik dengan Laut China Selatan.

Menurut Kementerian Pertahanan Taiwan seperti dikutip Reuters, Angkatan Udara mereka mengirim patroli udara tempur dan memperingatkan pesawat militer China pergi.

Tidak ada tanggapan segera dari Kementerian Pertahanan China, tetapi penerbangan tersebut bertepatan dengan aktivitas militer China lainnya ke Utara Taiwan.

Baca Juga: Makin tegang, China kirim 20 jet tempur dan pembom ke zona pertahanan Taiwan

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan pada Minggu (4/4), kapal induk China Liaoning, ditemani lima kapal pengawal, melakukan transit di Selat Miyako dalam perjalanan mereka ke Samudra Pasifik.

Meskipun Angkatan Udara China belum terbang di atas wilayah Taiwan, penerbangan tersebut telah meningkatkan tekanan, baik finansial maupun fisik, pada Angkatan Udara pulau itu.

Sebab, Taiwan harus memastikan pesawatnya siap terbang kapan saja dalam apa yang oleh pejabat keamanan mereka digambarkan sebagai "perang gesekan".

Selanjutnya: Jet tempur China mengelilingi Taiwan dalam lanjutan latihan militer




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×