kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Memanas lagi tentara India dan China bentrok di perbatasan, beberapa terluka


Senin, 25 Januari 2021 / 15:40 WIB
Memanas lagi tentara India dan China bentrok di perbatasan, beberapa terluka
ILUSTRASI. Sebuah foto yang memperlihatkan pasukan China setelah konon menjatuhkan beberapa tentara India dalam pertempuran jarak dekat di daerah perbatasan Danau Pangong dengan India, diedarkan di antara situs web militer China.


Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. Pasukan India dan China kembali berkelahi di perbatasan Himalaya yang diperebutkan, membuat sejumlah tentara cedera di kedua sisi, sumber militer dan laporan media mengungkapkan pada Senin (25/1).

Insiden minggu lalu itu terjadi enam bulan setelah pertempuran sengit yang menewaskan sedikitnya 20 tentara India dan sejumlah pasukan China yang tidak diketahui jumlahnya.

Insiden terbaru terjadi pekan lalu di Naku La di Negara Bagian Sikkim, sumber militer India mengatakan kepada AFP seperti dilansir Channel News Asia. Naku La menghubungkan Sikkim ke wilayah Tibet di China.

Laporan media mengutip pejabat militer India mengatakan, ada korban di kedua sisi. Patroli tentara perbatasan China mencoba menyeberang ke wilayah India dan dipaksa mundur, kata para pejabat.

Baca Juga: Lagi, India tangkap tentara China yang menyeberang perbatasan

Pertempuran tangan kosong di perbatasan Sikkim pada Mei tahun lalu memicu ketegangan perbatasan terbaru antara dua negara terpadat di dunia itu.

Pada Juni 2020, pasukan dari kedua belah pihak bertempur dengan tinju dan pentungan kayu di lembah Galwan di wilayah Ladakh.

China dan India, yang berperang di perbatasan pada 1962, saling menyalahkan atas perselisihan tersebut dan masing-masing telah mengerahkan puluhan ribu pasukan tambahan ke zona perbatasan.

Pembicaraan de-eskalasi terbaru antara komandan militer diadakan pada Minggu (24/1).

Selanjutnya: Ini dia pos militer China yang terletak di ketinggian tertinggi




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×