kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Membandingkan WhatsApp, Telegram, Signal, mana yang lebih aman dan unggul?


Kamis, 14 Januari 2021 / 15:40 WIB
Membandingkan WhatsApp, Telegram, Signal, mana yang lebih aman dan unggul?
ILUSTRASI. Logo aplikasi percakapan WhatsApp, Telegram dan Signal pada ponsel pintar.


Sumber: India Today | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembaruan kebijakan privasi WhatsApp, aplikasi pesan milik Facebook, telah mendorong pengguna yang tidak senang dengan kebijakan tersebut mencari aplikasi alternatif, seperti beralih ke Telegram atau Signal.

Whatsapp saat ini adalah layanan perpesanan terbesar di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan. Diikuti Telegram dengan 400 juta pengguna, serta Signal yang rata-rata memiliki 10 juta-20 juta pengguna aktif bulanan.

Hanya dengan melihat angka ini akan menunjukkan bahwa WhatsApp sangat populer dan hampir ada di mana-mana.

Baca Juga: User Telegram melonjak melewati 500 juta pengguna aktif di awal Januari 2021

Namun, seperti dikutip dari India Today, angka itu tidak sering memberi tahu Anda keseluruhan mengenai aplikasi tersebut. Maka mari kita bandingkan ketiga aplikasi perpesanan tersebut dari sisi fitur dan keamanannya seperti yang disajikan India Today.

1. Fitur

WhatsApp

WhatsApp menawarkan hampir semua fitur yang mungkin Anda butuhkan. Anda mendapatkan dukungan untuk obrolan grup hingga 256 anggota. Anda juga dapat menyiarkan pesan ke beberapa kontak secara bersamaan.

Ini juga mendukung panggilan suara dan video, baik untuk individu maupun grup. Namun, untuk panggilan video grup, Anda dibatasi untuk 8 pengguna kapan saja.

Lebih lanjut, WhatsApp juga menawarkan fitur Status (juga disebut cerita WhatsApp) yang mirip dengan cerita Instagram.

Whatsapp juga memungkinkan Anda untuk berbagi semua jenis file dan dokumen, tetapi ada batasan ukuran file yang harus dipatuhi. Untuk foto, video, dan file audio, batasnya adalah 16 MB. Namun, ukuran dokumen bisa sampai 100 MB.

Anda juga dapat berbagi lokasi langsung dengan kontak Anda dan saya yakin banyak pengguna merasa fitur ini berguna.

Dan karena WhatsApp ditujukan untuk pengguna umum, ia menawarkan fungsionalitas pencadangan dan pemulihan tanpa batas melalui layanan cloud seperti Google Drive dan iCloud. Dan bagian terbaiknya adalah cadangan cloud sepenuhnya gratis.

Telegram

Aplikasi Telegram menawarkan begitu banyak fitur yang luar biasa. Mirip dengan WhatsApp, Anda mendapatkan layanan dasar seperti obrolan, obrolan grup, dan saluran.

Namun, tidak seperti batas 256 anggota WhatsApp, Telegram memberikan dukungan untuk grup dengan hingga 200.000 anggota.

Telegram juga menawarkan beberapa fitur khusus grup seperti bot, polling, kuis, hashtag, dan banyak lagi yang dapat membuat pengalaman di grup jauh lebih menyenangkan.

Baca Juga: Heboh sebar data pengguna ke Facebook, ini penjelasan resmi WhatsApp




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×