kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Memburu Memorabilia Inagurasi Obama


Kamis, 15 Januari 2009 / 16:18 WIB
Memburu Memorabilia Inagurasi Obama


Sumber: AP, yahoo |

WASHINGTON. Aissa Tou, Manager gerai Making History di Union Station Washington, menyambung hidup di tengah resesi seperti sekarang ini dengan menjual souvenir Barack Obama. "Dia telah membantu perekonomian dengan caranya sendiri," katanya.

Sebagai warga Washington D.C. yang bakal menjadi tuan rumah inagurasi, tak sedikit gerai yang menjual ratusan item yang berkaitan dengan Obama. Bukan hanya kaos saja, bahkan saos pedas bertitel "Hot 4 Barack" pun laris.

Tak heran, dalam sehari, Tou bisa mengantongi US$ 5.000 per hari dengan menjual souvenir yang berkaitan dengan Obama. Mulai dari kaos, pin, maupun merchandise lainnya. Yang paling diburu banyak orang diantaranya kaos yang memuat gambar kesamaan Obama dan Martin Luther King Jr., dan gambar ibu negara Michelle Obama yang tengah berpose Rosie the Riveter.

Menurut Rebecca Pawlowski, Juru Bicara Destination DC Tourism and Convention Office, inagurasi Obama akan menyedot orang-orang yang mengantongi duit banyak ke Washington. Di hari-hari biasa saja, Washington mampu menyedot US$ 5,5 miliar dari industri pariwisata. Saban hari, sedikitnya US$ 34 dibuang oleh satu pelancong untuk membeli souvenir.

Nah, pada inagurasi kali ini, gerojokan duit dari kantong akan lebih besar lagi. Pasalnya, gelas yang bergambar Obama dibanderol US$ 16,95 per buah, satu buah mouse pad dibanderol US$ 12,95 per unit, dan bobble-head dolls Obama bisa ditukar dengan US$ 29,95 per buah. Hal ini dibeberkan oleh Jim Warlick, President Political Americana, yang mengoperasikan gerai yang tak jauh dari U.S. Treasury.

"Kami sudah menjual 2.000 buah, dan sedang didatangkan lagi 2.000 buah," kata Warlick, yang sudah mulai menjual memorabilia inagurasi sejak Ronald Reagan masuk ke White House di tahun 1981.

Pada inagurasi Obama kali ini, Warlick menghitung permintaan souvenir akan berlipat tiga kali lebih besar ketimbang inagurasi Bill Clinton pada tahun 1993. Menurut Warlick, penjualan souvenir kali ini akan menjadi titik klimaks dari masa-masa inagurasi yang pernah ia lewati.

"Obama sungguh sangat bagus bagi perekonomian AS, bahkan kami pun mencetak duit Obama," kata Warlick, seraya memamerkan replika dolar AS yang memuat gambar wajah Obama.

Di luar gerai-gerai tersebut, Presidential Inaugural Committee Obama mengoperasikan situs yang juga menjual sejumlah souvenir. Mulai dari pin "I Was There” senilai US$ 2 per buah, hingga emas perak maupun perunggu inagurasi senilai US$ 3.000 per buah.

Tote bag dari kanvas yang didesain oleh Diane Von Furstenberg dilego US$ 70 per buah, sementara kaos buatan desainer kondang Donna Karan “100 percent organic cotton” dilepas dengan harga US$ 45 per buah.

Sementara itu, Amazon.com Inc., ritel internet terbesar di dunia, juga membuka gerai inagurasi awal bulan ini, dengan menjual "Obama paper dolls" seharga US$ 7,99. Sementara itu, QVC milik Liberty Media Corp. menjual satu set koin untuk memperingati Obama dan King seharga US$ 20 per koin, dan juga paket koran Inaguration Day seharga US$ 100 per paket.

Berminat mengoleksi memorabilia ini?




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×