kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,93   0,00   -0.00%
  • EMAS932.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.14%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.06%

Menakjubkan! NASA pamerkan potret terbaru planet Jupiter, Saturnus, Uranus & Neptunus


Senin, 22 November 2021 / 11:40 WIB
Menakjubkan! NASA pamerkan potret terbaru planet Jupiter, Saturnus, Uranus & Neptunus
ILUSTRASI. Menakjubkan! NASA pamerkan potret terbaru planet Jupiter, Saturnus, Uranus & Neptunus

Sumber: CNET | Editor: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - Menakjubkan! NASA pamerkan potret terbaru dari planet Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Potret tersebut diambil dari Teleskop Luar Angkasa Hubble milik NASA, hasilnya menakjubkan! Yuk simak selengkapnya di sini.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) membagikan potret terbarunya dari beberapa planet di tata surya. Potret yang diambil dari Teleskop Luar Angkasa Hubble (Hubble SpaceTelescope) menampilkan Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus yanng menakjubkan.

Mengutip dari CNET, NASA dan ESA (European Space Agency) belum lama ini merilis potret dari beberapa planet di tata surya lewat Telesksop Luar angkasa Hubble.

Bagaimana dengan hasilnya? Menakjubkan! Empat planet yang merupakan gas raksasa ini memperlihatkan bahwa mereka tidak terlihat seperti Bumi atau Mars yang cenderung berbatu.

"Membentang ari 500 juta hingga 3 miliar mil dari matahari, monster-moster ini sama jauhnya dengan mereka yang misterius, tinggal sangat jauh dari matahari sehingga air langsung membeku menjadi es padat", ujar NASA dikutip dari CNET.

Mengutip dari laman resmi Hubblesite, dalam mitologi Yunani, ras raksasa yang disebut Titan, pertama kali menguasai dunnia. Titan kuno di tata surya adalah planet luar: Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. 

Planet-planet tersebut disebut raksasa gas karena memilki pusaran dalam yang sebagian besar terdiri dari unsur-unsur primordial. Planet luar ini tidak memiliki permukaann padat.

Ini merupakann potret terbaru dari planet luar yang sebelumnya telah diambil pada tahun 1970-an dan 1980-an oleh Pioneer 10 dan 11 NASA. Serta Voyager 1 dan 2, pertama kali melakukan perjalanan jarak jauh ke luar tata surya.

Pada tahun 1990-an, Teleskop Luar Angkasa Hubble tiba untuk melanjutkan pencarian jalur antarplanet ini. Setiap tahun, Hubble memantau perubahan dalam atmosfer Jupiter yang berputar-putar berwarna-warni, badai musim yang datang dan pergi di Saturnus dan Uranus, dan bintik gelap yang berkeliaran di Neptunus.

Sebagai ahli cuaca tata surya, pemantauan ultra-tajam Hubble terhadap raksasa gas yang sangat luar biasa ini memberi para astronom wawasan tentang kaledioskop cuaca yang selalu berubah di dunia lain.

Baca Juga: Inilah asteroid raksasa setinggi gedung Burj Khalifa, melewati Bumi bulan depan

Penasaran dengan potret terbaru dari planet Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus? Simak selengkapnya di bawah ini.




TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

[X]
×