kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45883,06   -37,05   -4.03%
  • EMAS942.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.31%
  • RD.CAMPURAN 0.18%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.05%

Mengikuti strategi Warren Buffett bertahan dari kehancuran pasar saham tahap kedua


Rabu, 14 Oktober 2020 / 10:26 WIB
Mengikuti strategi Warren Buffett bertahan dari kehancuran pasar saham tahap kedua
ILUSTRASI. Warren Buffett selalu mencari perusahan kuat yang harga sahamnya sedang murah untuk mendapatkan keuntungan.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - Pasar saham global saat ini belum benar-benar pulih dari dampak Covid-19. Kenaikan harga saham di sejumlah bursa saham dunia, dinilai tidak akan bertahan lama.

Karena itu, kejatuhan pasar tahap kedua bahkan dapat terjadi dalam beberapa bulan mendatang.

Hal ini tak terlepas dari kondisi ekonomi dunia saat ini yang masih bergulat dengan Covid-19. Kemudian pasar juga masih sangat rentan terhadap hasil pemilu di Amerika Serikat (AS) pada November 2020 mendatang. Belum lagi ketidakstabilan politik di Eropa.

Mengutip artikel, analis pasar saham, Peter Stephens, di The Motley Fool, Rabu (14/13), ia mengatakan, mengikuti nasihat investor kawakan Warren Buffett di pasar saham saat ini bisa menjadi langkah yang tepat. 

Baca Juga: Wow, kekayaan miliarder dunia capai rekor tertinggi total US$ 10,2 triliun

Fokus membeli saham murah dan berkualitas tinggi dapat mengurangi kerugian investor dalam jangka pendek.

Sementara untuk jangka panjang, membeli saham murah dan berkualitas tinggi dapat memberikan keuntungan besar saat harga saham kembali pulih ke kondisi normal.

Membeli saham murah

Kenapa kita perlu membeli saham murah? Jawabannya adalah karena saham murah kemungkinan besar tidak terlalu terpengaruh terhadap sentimen negatif dan kehancuran pasar saham.

Berbeda dengan saham perusahaan yang harga sahamnya sudah tinggi dan diperdagangkan dengan nilai yang melebihi fundamentalnya, sangat rawan babak beluar saat kehancuran pasar terjadi.

Untuk itu, penting bagi investor untuk mencari dan mengoleksi saham-saham yang tengah undervalued saat ini. Karena saat kehancuran pasar tahap kedua tiba, harga saham perusahaan ini tidak jatuh terlalu dalam.

Baca Juga: Warren Buffett tahu investor terbaik yang layak diikuti dengan uang Anda sendiri

Memang saat ini, sejumlah saham telah rebound dari beberapa bulan terakhir, setelah penurunan pasar yang dalam sebelumnya. Namun perlu dicatat bahwa sejumlah saham ini masih diperdagangkan di bawah rata-rata harga historisnya.

Nah biasanya Buffett selalu mencari saham-saham seperti ini, karena menawarkan margin keamanan yang lebar.

Bagi investor lainnya, melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan Buffett ini dapat melindungi nilai portofolio kita dari kehancuran pasar. Penting juga bersikap praktis saat ini, mengingat sentimen negatif terhadap pasar saham masih mungkin terjadi .




TERBARU
Corporate Valuation Model Presentasi Bisnis yang Persuasif

[X]
×